Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Membersihkan Timeline Facebook, Sembunyikan dan Unfollow Akun Tidak Penting

facebook page
Febri Penulis

Kamu perlu tahu cara membersihkan timeline Facebook, apa pentingnya membersihkan timeline Facebook? Ya, karena kadang ada status atau kiriman foto atau link yang bisa membuat kurang nyaman.

Entah karena tidak etis, atau berupa spam. Sekali dua kali mungkin tidak bermasalah. Tapi kalau sering, jelas bisa mengganggu.

Media sosial tidak jauh berbeda dengan obrolan di pos ronda atau di arisan ibu-ibu PKK. Gosip, kontroversi, dan berbagai hal jelek dengan mudah menjadi perbincangan hangat.

Dunia jurnalisme punya pepatah yang sesuai dengan ini “Bad news is a good news”.

Sayangnya hal ini menyebabkan status, foto, video, atau tautan bertema jelek semakin populer. Makin banyak orang bereaksi—entah setuju atau tidak—makin mudah hal itu tersebar.

4 Cara Membersihkan Timeline Facebook

Ada 4 cara membersihkan timeline Facebook yang bisa kamu lakukan. Dari keempat cara ini bisa dilakukan dengan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas sebuah kiriman. Nanti akan ada pilihan (drop down menu) yang akan muncul.

Tutorial Lengkap Cara Membersihkan Timeline Facebook

1. Sembunyikan Postingan (Hide this post)

Pilihan ini akan menyembunyikan status atau kiriman seseorang dari News Feed kamu. Dengan cara ini, Facebook juga akan mengetahui bahwa kamu tidak suka dengan kiriman jenis ini. Nantinya, kiriman semacam ini akan semakin sedikit muncul (ada keterangan See fewer post like this).

Saat menekan menu Sembunyikan postingan kamu tidak akan melihat postingan tersebut lagi di beranda Facebook milik kamu, tampilannya akan seperti ini:

Panduan Lengkap Cara Membersihkan Timeline Facebook - Sembunyikan Postingan

Kamu juga bisa memilih untuk menyembunyikan semua postingan dari halaman yang dibagikan seseorang di beranda, caranya tinggal klik menu yang Sembunyikan semua dari.

Menu ini memungkinkan kita untuk menyembunyikan semua postingan dari halaman / grup yang kita pilih untuk sembunyikan, jadi ketika nanti ada orang lain yang membagikan postingan dari halaman/grup tersebut, kamu tidak akan melihatnya di timeline Facebook.

Tutorial Lengkap Cara Membersihkan Timeline Facebook - Menyembunyikan Postingan Halaman

Selalu gunakan fitur ini untuk mengatur kenyamanan isi dari timeline Facebook milik kamu, karena tidak semua informasi harus kita cerna dan terima.

Baca Juga:  Fitur Artikel Instan Facebook Ditumbalkan Demi Mirip TikTok

Kita harus sudah bisa memulai untuk memfilter isi informasi yang bisa dan ingin kita terima, dengan begitu kamu akan merasa nyaman saat menggunakan Facebook dan membuka timeline Facebook, seperti hal nya yang saya lakukan selama ini.

2. Snooze (Berhenti sementara)

Menu Snooze atau berhentikan sementara ini memungkinkan kamu untuk mengatur postingan sesorang disembunyikan selama 30 hari.

Ada dua pilihan yang bisa kamu gunakan, melakukan snooze ke akun FB orang tersebut atau memberhentikan sementara akun halaman Facebook tersebut.

Jika yang kamu snooze adalah akun personal atau seseorang maka postingan apa pun dari orang tersebut akan disembunyikan selama 30 hari.

Dan jika yang kamu snooze adalah halaman/grup Facebook maka segala sesuatu yang berhubungan dengan halaman/grup tersebut tidak akan muncul di beranda Facebook kamu selama 30 hari.

Tutorial Lengkap Cara Membersihkan Timeline Facebook - Snooze Postingan Orang Lain

3. Unfollow pihak bersangkutan

Ya, kita bisa tidak mengikuti berita dari seseorang tanpa memutuskan pertemanan (unfriend). Dengan cara ini, walau pun kita tetap menjadi teman pihak bersangkutan, kita tidak akan melihat lagi status atau kirimannya di timeline kita.

Pada fitur unfollow kamu tidak akan bisa melihat postingan nya lagi di beranda selama kamu menonaktifkan fitur unfollow ini pada akunnya.

Berbeda dengan fitur snooze yang secara otomatis akan kembali lagi setelah 30 hari berlalu. Bisa aja dengan mengaktifkan unfollow kamu jadi benar-benar lupa dengan kabar teman Facebook yang kamu berhenti ikuti.

Tutorial Lengkap Cara Membersihkan Timeline Facebook - Berhenti Mengikuti Postingan Orang Lain

Saya salah satu pengguna fitur unfollow karena banyak teman-teman di Facebook yang suka membagikan postingan jualan atau pun membagikan postingan receh yang tidak nyaman untuk dilihat.

4. Laporkan Postingan (Report this post)

Cara ini mungkin yang paling keras. Kita bisa melaporkan ke Facebook kalau kiriman orang yang bersangkutan mengganggu, atau tidak sesuai dengan norma yang ada. Pilihan alasan itu akan diberikan ketika kita menekan pilihan ini.

Baca Juga:  Meta Rilis Fitur Baru Grup Facebook, Bisa Posting Reel & Tangguhkan Konten Hoax

Empat cara ini diberikan Facebook agar penggunanya bisa mendapat status atau kiriman yang lebih berkualitas. Dengan demikian bisa lebih nyaman membaca News Feed atau timeline. Pengguna juga tidak akan asal-asalan mengirim sesuatu.

Cara Lain Membersihkan Timeline Facebook Paling Efektif dan Efisien

Ada cara berbeda yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan timeline Facebook yaitu dengan cara hapus pertemanan dan blokir akun facebook.

Dua cara ini adalah cara membersihkan timeline Facebook paling ampuh, efisien, dan juga efektif. Karena dengan melakukan cara tersebut dijamin 100% kamu tidak akan melihat postingan dari orang bersangkutan atau halaman Facebook tersebut di beranda Facebook milik kamu.

Tips Nyaman Saat Membuka Timeline Facebook

  • Berteman dengan orang yang kamu kenal.
  • Gunakan fitur sembunyikan, snooze, atau berhenti mengikuti akun Facebook yang suka membagikan postingan tidak sesuai dengan minat kamu.
  • Ikuti halaman Facebook yang sesuai dengan minat.
  • Ikuti grup Facebook yang memang kamu butuhkan.

What’s Next

Kurang lebih seperti itu panduan lengkap cara membersihkan timeline Facebook, ada 4 cara membersihkan timeline Facebook yang bisa kamu gunakan.

Dar keempat cara tesebut kira-kira mana yang akan sering kamu gunakan? Apa jangan-jangan kamu tipe orang yang kalau tidak suka dengan postingan orang lain, kamu langsung hapus pertemanan atau tindakan paling kejam langsung main blokir gitu aja?

Apa pun tindakan yang kamu pilih, itu adalah hak kamu sebagai pemegang kekuasaan isi timeline Facebook milik kamu. Tetapi, saran saya jangan sampai kamu hilang kontak atau interaksi dengan teman-teman kamu di Facebook hanya karena lupa mematikan fitur unfollow atau membuka blokiran FB dan sebagainya.

Gunakan fitur ini dengan bijak, sesuai kebutuhan. Jika kamu masih ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau disampaikan, jangan sungkan untuk tulis di kolom komentar, nanti kita diskusikan bersama.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] 


Sumber
Pusat bantuan Facebook: https://www.facebook.com/help/538433456491590