Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Membuat Alarm di Laptop Windows 11 Biar Nggak Lupa Waktu

Indri Penulis

Kamu mau pasang alarm di laptop Windows 11? Bisa banget. Kamu bisa coba cara membuat alarm di laptop Windows 11 berikut ini.

Dalam melakukan berbagai aktivitas, kita tentu perlu ingat waktu. Kalau sampai nggak ingat waktu, bisa-bisa aktivitas kita sehari-hari bakal nggak seimbang. Contohnya dalam belajar, bekerja, main game, streaming film, dll, semuanya harus ada batasnya.

popculture.id

Nah supaya nggak kelupaan waktu, penggunaan alarm jelas sangat dibutuhkan. Dengan mengaktifkan alarm kita akan diingatkan tentang waktu, agenda yang harus dilakukan setelahnya, dll.

Selama ini kebanyakan orang cuma mengandalkan alarm di smartphone, padahal mereka sering menggunakan laptop/komputer.

Memangnya laptop bisa dipakai untuk membuat alarm? Bisa dong. Tapi mungkin cara kerjanya nggak sama seperti yang ada di aplikasi alarm smartphone. Namun nggak masalah kan? Justru alarm di laptop bisa langsung kamu lihat karena tepat berada di depanmu. Beda kalau alarm-nya ada di smartphone, kamu perlu menoleh ke samping untuk mematikan alarm.

Oke buat kamu yang sering pakai laptop/komputer sampai mungkin lupa waktu, jangan khawatir. Kali ini saya bakal kasih tips dan cara membuat alarm di laptop. Oya, dalam artikel ini saya menggunakan Windows 11. Cara ini mungkin juga bisa dipakai untuk pengguna Windows 10 (cuma nama atau ikonnya mungkin akan sedikit berbeda).

  • Ketik “clock” (dulu di Windows 10 namanya “Alarm & Clock”) di fitur Search Windows.
  • Buka aplikasi “Clock” yang tampil di hasil pencarian.
  • Klik tombol “Get Started” kalau kamu baru pertama kali pakai aplikasi Clock.
  • Dalam “Alarm” di dalam daftar menu.
  • Kamu bisa klik template alarm yang sudah tersedia.
  • Atur jam alarm, ucapan alarm, hari yang kamu inginkan, nada dan waktu tunda alarm.
  • Kalau sudah, klik tombol “Save” untuk mengaktifkan alarm.
  • Jika kamu ingin mengedit alarm, kamu bisa klik tombol “Edit” yang ada di pojok kanan bawah layar. Setelah itu klik alarm yang mau kamu edit.
  • Kalau kamu ingin menghapus alarm, klik tombol “Edit” dan pilih ikon sampah yang ada di alarm.
  • Kalau mau bikin alarm baru, klik ikon “+” di sebelah tombol Edit. Setelah itu buatlah alarm seperti cara yang sebelumnya.

Gimana, caranya gampang banget kan? Tapi ingat ya, karena alarm ini di laptop, jadi cara pakainya juga berbeda dengan yang di smartphone. Alarm ini hanya akan aktif selama laptopmu hidup. Jadi ketika memasuki waktu alarm tapi laptopmu mati, maka alarm tidak akan berbunyi.

Oya, aplikasi Clock nggak hanya bisa kamu pakai untuk bikin alarm lho. Kamu juga bisa gunakan aplikasi ini untuk mengaktifkan mode fokus, timer, stopwatch, dan melihat jam dunia. Untuk fitur-fitur lainnya, mungkin ke depan akan saya bahas dalam artikel terpisah.

    %d blogger menyukai ini: