4 Cara Memilih Penjaman Online Secara Aman

Pinjaman online saat ini memang kerap menjadi alternatif bagi masyarakat, yang mungkin kesulitan mendapat pinjaman dari bank, sedangkan mereka butuh uang dengan cepat.

Kehadiran pinjaman online sebenarnya sudah menjadi fenomena penting dalam industri keuangan sejak tahun 2016, dan dipelopori oleh perusahaan Financial Technology (Fintech).

Pinjaman online akan menawarkan kredit bagi mereka, yang selama ini kesulitan mendapat kredit dari bank, maupun lembaga keuangan konvensional yang lain.

Selama ini telah ada banyak media pinjaman online yang hadir di Indonesia. Masing-masing platform pinjaman online tersebut menawarkan berbagai fitur dan kemudahan.

Terdapat beberapa keunggulan pinjaman online dibanding bank konvensional. Seperti tidak perlu adanya BI checking sera kepemilikan kartu kredit dalam pengajuan pinjaman.

Hal ini tentu akan mempermudah calon nasabah, sebab selama ini banyak orang ditolak saat meminjam uang di bank karena tidak mempunyai histori kredit.

Sementara itu proses pencairan dana untuk pinjaman online terbilang cepat dibanding bank. Bahkan hanya dalam 3 hari, pinjaman sudah cair. Sedangkan bank konvensional membutuhkan waktu 1-2 minggu agar uang cair.

Inilah kemudahan yang paling disukai orang, yaitu pengajuan pinjaman bisa dilakukan secara online melalui smartphone. Proses pinjaman sangat mudah dan calon nasabah tidak perlu pergi ke kantor.

Platform pinjaman online memang menawarkan banyak manfaat, namun tentu sebelum memilih platform pinjaman online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online:

Sumber Gambar : Blog Modalku

Kemudahan Persyaratan

Orang tidak akan melirik pinjaman online, apabila syarat yang harus dipenuhi sangat rumit. Kemudahan syarat inilah yang menjadi daya tarik dari pinjaman online dibanding kredit konvensional.

Salah satu syarat pinjaman adalah kelengkapan dokumen. Sedangkan selama ini banyak orang sulit mengajukan kredit di bank, karena mereka tidak bisa memenuhi persyaratan dokumen.

Ada beberapa platform pinjaman online yang hanya meminta KTP serta foto, sebagai persyaratan dokumen. Tentu dengan syarat seperti itu, semua orang akan bisa memenuhinya.

Namun ada pula platform pinjaman online lain yang mewajibkan cukup banyak dokumen seperti KK, rekening listrik, dan lain sebagainya.

Transparansi Biaya

Karena bersifat online, maka kejelasan proses, persyaratan, serta biaya menjadi hal yang sangat penting. Dan transparansi biaya merupakan kunci utama.

Perhatikan berapa bunga yang harus dibayar. Sebab selama ini ada banyak kasus nasabah merasa dirugikan, karena bunga yang diberikan pinjaman online sangat besar.

Selain itu, perhatikan pula jangka waktu pinjaman atau biaya terkait lainnya. Ini adalah informasi yang wajib ada dalam sebuah platform pinjaman online.

Ada beberapa website pinjaman online yang sangat transparan. Dalam homepage website, mereka telah menjelaskan secara rinci persyaratan, bunga, waktu jatuh tempo, dan biaya administrasi lainnya.

Namun, tidak sedikit pula website pinjaman online yang kurang jelas dalam mencatumkan informasi. Misal seperti jumlah bunga yang tidak jelas, hingga biaya yang dibebankan ke peminjam juga tidak transparan.

Kecepatan Pencairan

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh pinjaman online adalah kecepatan pencairan. Mereka mengklaim dapat mencairkan dana lebih cepat dari bank konvensional.

Namun yang perlu diingat adalah, kecepatan dari masing-masing platform pinjaman online berbeda-beda. Ada yang menjanjikan waktu 1 minggu, namun ada pula yang menjanjikan waktu yang lebih singkat.

Sebagai peminjam, perhatikan definisi dari waktu pencairan dana yang disampaikan di platform pinjaman online. Selain itu, kapan persetujuan pinjaman dan dana masuk ke rekening adalah hal yang paling krusial.

Periksa Platform Pinjaman Online di OJK

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK merupakan sebuah lembaga independen yang berfungsi untuk mengatur, mengawasi, memeriksa, serta melakukan penyidikan di suatu bank. Selain itu, OJK juga melindungi konsumen industri jasa keuangan.

OJK selama ini telah  merilis daftar platform pinjaman online yang aman dalam website mereka. Kalian bisa memeriksa platform tersebut di website resmi OJK.

Disana akan ada banyak daftar platform pinjaman online. Apabila platform yang kalian cari ada dalam situs OJK, maka kalian tidak perlu khawatir. Sebab platform tersebut sudah pasti aman, dan proses transaksi langsung diawasi oleh OJK.

Untuk melihat daftar platform pinjaman online yang telah terdaftar di OJK, maka kalian bisa melihat disini.