Cara Gampang Memindahkan Semua Chat WhatsApp ke Telegram

Telegram sekarang hadirkan cara memindahkan chat WhatsApp ke platform-nya lho. Kamu bisa baca artikel ini untuk mengetahui caranya.

Selama bulan Januari 2021, ada lebih dari 100 juta orang yang bergabung ke Telegram. Kebanyakan dari mereka ingin mencari aplikasi chat yang benar-benar melindungi privasinya. Yah, bisa dibilang ini efek dari rumor kebijakan privasi baru WhatsApp.

Pertanyaannya, lantas bagaimana nasib pesan dan memori yang tersimpan di aplikasi WhatsApp. Tenang, kamu tidak perlu khawatir.

Sebab Telegram kini telah menghadirkan fitur yang memungkinkan kamu memindahkan semua chat aplikasi WhatsApp ke situ. Cara ini juga bisa kamu pakai untuk mengimpor chat dari LINE dan KakaoTalk lho.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke Telegram

Buat pengguna Android, kamu bisa buka salah satu obrolan di WhatsApp. Kemudian tekan menu β€˜titik tiga di pojok kanan atas > Lainnya > Ekspor Chat > Telegram’ di menu bagikan.

Untuk pengguna iOS, buka β€˜Info Kontak’ atau β€˜Info Grup’ di tampilan WhatsApp. Setelah itu klik menu β€˜Ekspor Chat > Telegram.’

Pesan tersebut akan dipindah pada hari itu juga. Semua obrolan beserta penanda jamnya juga akan dipindah sebagaimana aslinya.

Selain itu, fitur ini berlaku untuk obrolan pribadi atau grup. Tidak hanya teks saja bisa dipindah, tapi media seperti video, foto, dokumen yang bisa dipindah.

Lalu apakah memindahkan chat ke Telegram bakal menambah ruang penyimpanan? Telegram mengklaim kalau hal tersebut tidak akan terjadi.

Jika WhatsApp atau aplikasi lain menyimpan semua data di perangkat, maka Telegram tidak. Untuk dapat menghemat ruang dan mengontrol ukuran cache Telegram, buka β€˜Pengaturan > Data dan Penyimpanan > Penggunaan Penyimpanan.’

Oya, Telegram juga punya fitur kontrol jejak digital lho. Jadi sekarang kamu bisa menghapus pesan pribadi, grup, atau riwayat panggilan dari dua sisi aplikasi. Contoh kamu hapus chat yang tadi dipindah dari WhatsApp di Telegram, otomatis pesan yang ada di aplikasi WhatsApp juga ikut hilang.

Fitur Baru Lainnya Dari Telegram

Selain fitur-fitur di atas, Telegram juga hadirkan beberapa fitur menarik lainnya. Seperti fitur peningkatan Obrolan Suara, di mana kamu bisa mengatur volume masing-masing anggota grup (besar atau kecil). Tapi yang punya akses ini hanya dimiliki admin grup.

Telegram juga menyajikan peningkatan pada pemutar audio. Jadi saat memutar audio yang dikirim ke ruang obrolan, kamu bisa menekan tombol Lanjut atau Sebelum untuk memaju mundurkan suara.

Terakhir, Telegram sekarang punya fitur stiker penyambut. Ketika kamu membuka ruang obrolan di Telegram, stiker ini akan menyambut kamu. Kamu bisa mengabaikannya, atau mengirim stiker ini ke orang lain.

Sementara itu, semua pembaruan ini diluncurkan dalam Telegram versi 7.4. Kalau Telegram kamu belum update, kamu bisa memeriksanya di Play Store atau App Store. Jika belum ada notifikasi update, mungkin pembaruan ini akan hadir beberapa hari lagi di ponsel kamu.

%d blogger menyukai ini: