Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Cara Mendapatkan Fitur Windows 10 Pro Secara Gratis dan Legal

Microsoft merilis tiga versi untuk sistem operasi Windows 10, Windows 10 versi Home, Pro dan Enterprise. Pada artikel sebelumnya, kami sudah membahas mengenai perbedaan fitur dari Windows 10 Home dengan Windows 10 Pro. Dengan harga sebesar Rp 1.799.999, sepertinya fitur-fitur dari Windows 10 Pro terasa mubadzir bagi pengguna biasa seperti kita.

Namun lain halnya jika kita bisa mendapatkan fitur-fitur Windows 10 Pro atau bahkan Windows 10 Enterpraise secara gratis! Meskipun tidak terlalu sering dipakai, namun bisa mencoba sesekali fitur yang hanya bisa dicoba di versi Pro atau Enterpraise, tentu menyenangkan.

popculture.id

Nah berikut cara mendapatkan fitur Windows 10 Pro ataupun Windows 10 Enterpraise secara gratis juga dengan sedikit penjelasan mengenai fungsi dari fitur-fitur tersebut.

BitLocker

BitLocker adalah fitur enkripsi dari Microsoft yang berfungsi untuk mengenkripsi data, menjaganya agar tetap aman. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang mempu menggantikan fitur BitLocker ini, beberapa aplikasi populer yang memiliki fungsi serupa adalah VeraCrypt yang merupakan proyek OpenSource.

Kalian bisa mengunduh VeraCrypt dengan mengunjungi tautan berikut.

Windows To Go (WTG)

Windows untuk Go (WTG) memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan sistem operasi dari USB drive. Fitur ini baru tersedia untuk Windows 10 Enterpraise. WTG berbeda dari disk boot Windows dan biasanya membutuhkan USB drive khusus (hanya ada beberapa dari USB tersebut yang tersedia di pasar dan mereka memiliki harga yang cukup mahal). WTG berbeda Live CD atau Live USB, yang biasanya populer dikalangan pengguna Linux.

Fitur Windows To Go ini bisa digantikan oleh aplikasi yang bernama WinToUSB. Aplikasi ini bisa kita dapatkan secara gratis dengan mengunjungi tautan berikut. Untuk versi gratis, kita tidak bisa mengkloning Windows 10 Enterpraise.

Client Hyper-V

Merupakan teknologi virtual yang dimiliki oleh Windows Server. Dimana kita bisa menjalankan lebih dari satu sistem operasi pada desktop dengan menggunakan virtual desktop. Program populer yang bisa menjalankan fungsi serupa dari CLient Hyper-V adalah VirtualBox. Unduh VirtualBox secara gratis disini.

Remote Desktop

Dengan fitur ini kita bisa mengakses komputer dari jarak jauh. Buat kalian yang sering menggunakan fitur ini, kalian bisa mencoba aplikasi UltraVNC secara gratis. Unduh aplikasi ini melalui tautan berikut.

Nah, dengan beberapa aplikasi di atas, kalian bisa mencoba fitur-fitur Windows 10 Pro atau Windows 10 Enterpraise secara gratis dan legal.

Apakah kalian punya aplikasi alternatif untuk menggantikan fitur-fitur yang ada di Windows 10 versi Pro atau Enterpraise seperti di atas?

    %d blogger menyukai ini: