Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Tutorial Cara Mengaktifkan & Mematikan Komentar YouTube

Indri Penulis

Bagaimana cara mengaktifkan dan mematikan komentar di YouTube? Untuk mengetahui caranya, kamu bisa baca artikel ini sampai selesai.

YouTube adalah platform streaming video terbesar di dunia. Sebagai raksasa platform streaming, YouTube disukai banyak orang salah satunya karena pengguna bebas meninggalkan komentar pada video yang mereka sukai.

popculture.id

Sayangnya YouTube juga bisa menjadi boomerang untuk beberapa konten kreator. Yah namanya juga konten kreator, pasti ada yang suka dan ada juga nggak menyukainya. Ini nih masalahnya. Nggak jarang haters menyerbu konten kreator dengan cara meninggalkan komentar buruk ke video mereka. Kalau dibiarkan lama-lama hal ini akan mempengaruhi kesehatan mental si konten kreator.

Maka dari itu, YouTube menyediakan fitur untuk mengaktifkan dan menonaktifkan komentar. Dengan begini konten kreator bisa mengatur preferensi video mereka. Mereka bisa mengaktifkan atau menonaktifkan komentar di video tertentu.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Komentar YouTube

Sebenarnya kamu bisa mengubah setelan komentar via YouTube Studio. Tapi ada kondisi tertentu yang menyebabkan kamu nggak bisa / sulit mengubah setelah komentar yakni antara lain:

  • Penonton channel atau video diatur “Dibuat untuk Anak-Anak.” Komentar baru akan dihapus secara permanen setelah 30 hari sejak channel atau video diatur khusus untuk anak-anak.
  • Video disetel ke mode pribadi.
  • Kamu menggunakan YouTube lewat akun yang diawasi.

Nah setelah tahu beberapa syarat di atas, sekarang saya akan kasih tutorial cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan komentar di YouTube. Yuk langsung saja.

Kamu dapat mengubah setelan komentar untuk setiap video di halaman Konten yang ada di YouTube Studio. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung praktikkan cara berikut:

  • Login ke YouTube Studio.
  • Pilih menu “Konten” yang ada di sisi kiri layar.
  • Selanjutnya klik thumbnail video.
  • Sekarang scroll ke bawah dan klik “Tampilkan Lebih Banyak.”
  • Di bagian “Komentar dan rating,” pilih setelan komentarmu.
  • Klik “Izinkan semua komentar” untuk mengaktifkan komentar buat semua orang.
  • Klik  “Nonaktifkan komentar” untuk menonaktifkan fitur komentar, sehingga semua orang nggak bisa berkomentar ke kontenmu.

Selesai deh! Itu tadi tutorial cara mengaktifkan atau mematikan komentar di YouTube. Kalau sudah menguasai teknik ini, kamu bisa mengatur preferensi konten YouTube sesuai selera. Kalau misalnya kamu ogah dapat komentar julid dari netizen, kamu bisa banget menonaktifkan komentar di YouTube.

    %d blogger menyukai ini: