Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Realme 5 Pro

bisa gelap-gelapan

hands on realme 5 pro 8gb 128gb

Akhirnya ponsel realme 5 Pro mendapat mode gelap di update ColorOS terbaru. Apa kamu sudah mencobanya? Kalau belum β€” dan belum tahu β€” yuk lihat bersama-sama.

Menurut catatan update dari realme, update ini membawa beberapa fitur dan perbaikan. Fitur yang hadir adalah mode gelap dan rekaman video wide-angle. Mode gelap juga kelihatannya hadir di ponsel realme lain, seperti realme XT, realme 3 Pro, dan realme C2.

Untuk ponsel realme 5 Pro, versi pembaruan yang ada adalah RMX1971EX_11_A11 dan dirilis pada tanggal 24 Oktober 2019. Versi ini masih termasuk dalam ColorOS 6.0.

Pembaruan ColorOS realme 5 Pro
Pembaruan ColorOS realme 5 Pro

Mode gelap merupakan salah satu fitur yang banyak ditunggu. Android sendiri baru menerapkan mode ini secara menyeluruh pada Android 10. Jadi, bisa mencicipinya sebelum mendapat update sistem operasi cukup menyenangkan bukan?

Lalu bagaimana cara mengaktifkannya?

Mengaktifkan Mode Gelap di realme 5 Pro

  1. Buka ‘Pengaturan‘.
  2. Geser layar ke bawah dan pilih ‘realme Lab‘.
  3. Aktifkan dengan menekan tuas Mode Gelap .
Pengaturan mode gelap ColorOS
Pengaturan mode gelap ColorOS

Sekarang kamu sudah menikmati mode gelap di ponsel milikmu. Silakan coba di aplikasi yang terpasang di ponsel. Kamu akan menemukan kalau mode gelap ini hadir hampir di semua aplikasi.

Namun sayangnya, tidak semua aplikasi sudah mendukung mode gelap Android. Jadi kamu akan menemukan beberapa aplikasi yang tidak enak dilihat (saat ini WhatsApp adalah salah satunya). Untungnya, kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang tampil dalam mode gelap dan mana yang tidak.

Hanya saja, saat artikel ini ditulis, ada sedikit kejanggalan di halaman pengaturan mode gelap. Kalau kamu masuk lewat cara di atas, mungkin kamu tidak menemukan pilihan tersebut. Tapi jangan kuatir, tetap bisa kok.

Mode Gelap untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk bisa memilih aplikasi mana saja yang memakai mode gelap, kamu tinggal mencari halaman setelan itu di Pengaturan.

  1. Tekan ikon pencarian di pojok kanan atas,
  2. Ketik ‘mode gelap’ (‘mode’ saja sudah bisa),
  3. Tekan saran ‘Mode Gelap untuk Apli Pihak Ketiga‘,
  4. Pilih aplikasi.
di mana setelan mode gelap realme 5 pro
Mencari mode gelap ColorOS

Yah, sayangnya, kamu harus mencoba dan melihat aplikasi satu per satu untuk melihat perubahan tampilannya. Sehingga bisa memutuskan mana yang memakai mode gelap mana yang tidak.

Bagaimanapun, semua kan pilihan. Tidak ingin memakai mode gelap di realme 5 Pro atau ponsel realme lain juga tidak apa-apa. Ya kan?