Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cocok Buat Pemula, Begini Cara Mengatur Start Menu Windows 11

Indri Penulis

Walau sederhana, Microsoft tetap menyediakan cara mengatur Start Menu Windows 11 lho. Contohnya mengatur rekomendasi aplikasi, dan lainnya.

Bagi mayoritas pengguna OS Windows, keberadaan Start Menu mungkin sangat sepele. Fitur ikonik Windows yang satu ini biasanya akan merekomendasikan aplikasi atau program tertentu untuk pengguna.

popculture.id

Meskipun keberadaannya terlihat sangat sederhana, namun Microsoft tetap menyajikan opsi pengaturan untuk Start Menu lho. Apalagi di versi Windows 11 saat ini, pengaturan Start Menu jadi makin mudah dan simpel.

Nah buat kamu yang mungkin baru menggunakan Windows 11 dan ingin mengutak-atik Start Menu supaya lebih nyaman dipakai, kamu bisa simak cara mengatur Start Menu di Windows 11 yang saya bagikan kali ini. Lewat tips-tips ini kamu bisa mengatur rekomendasi item, folder di sebelah tombol Power, dll.

Oke tanpa basa-basi lagi, langsung simak tutorialnya yuk!

  • Klik kanan Start Menu-mu.
  • Klik menu “Settings” untuk membuka pengaturan.
  • Selanjutnya klik “Personalization.”
  • Pilih menu “Start” untuk membuka menu pengaturan.
  • (Opsional) Klik toggleShow recently added apps” untuk mengaktifkan/menonaktifkan rekomendasi aplikasi yang habis dipakai akhir-akhir ini.
  • (Opsional) Klik toggleShow most used apps” untuk mengaktifkan/menonaktifkan tampilan aplikasi yang paling sering digunakan di daftar “All apps.”
  • (Opsional) Klik “Show recently opened items in Start, Jump Lists, and File Explorer” untuk menonaktifkan item “Recommended” di Start Menu.
  • (Opsional) Klik “Folder” untuk mengatur daftar item yang tampil di sebelah tombol Power.
  • Kamu tinggal aktifkan toggle item yang ingin ditampilkan, dan matikan toggle pada item yang ingin kamu hapus dari Start Menu.
  • Setelah selesai, item yang kamu aktifkan tadi akan tampil di sebelah tombol Power.

Selesai! Sekarang setelah kamu menyelesaikan langkah-langkahnya, Start Menu akan berubah sesuai dengan pengaturan yang kamu lakukan tadi.

Oya selain tips mengutak-atik Start Menu, kamu juga bisa baca artikel saya soal cara mengatur tampilan desktop Windows 11. Artikel tersebut bakal mengupas cara lengkap buat mengatur tema, Lock Screen, background Windows 11, dll.

Simak juga tips mengatur Taskbar Windows 11 seperti cara menambah aplikasi, memindah Taskbar, dll. Atau kalau mau tips yang anti-mainstream, kamu bisa baca artikel saya tentang cara mengubah Taskbar Windows 11 supaya mirip tampilan Mac.

    %d blogger menyukai ini: