Cara Mengatur VPN pada Konsol Game

Cara menggunakan VPN

Virtual Private Network atau VPN online telah menjadi suatu alat yang harus digunakan bagi pengguna internet setiap kali menjelajahi dunia jaringan. Ini dapat meningkatkan keamanan, menembus batasan konten regional dan dalam beberapa kasus bahkan mampu meningkatkan jaringan. Lalu, mengapa VPN dibutuhkan dalam konsol game?

Pertama, ini dapat mengurangi ping jaringan sehingga mengurangi jeda. Selain peningkatan kinerja permainan, kita juga dapat mengakses game yang bahkan belum tersedia di Indonesia.

Biasanya, Australia menjadi pasar pertama perilisan game sebelum negara-negara lainnya.

Dengan menggunakan fitur jaringan pribadi, kita dapat mengelabui konsol sehingga mengira sedang berada di wilayah Australia dan memberikan akses ke permainan. Pemanfaatan layanan ini juga dapat membuat kita bersaing dengan pengguna dari seluruh dunia pada fitur multi player.

Selain itu, jika kita menggunakan browser bawaan PS4, kita dapat mengakses konten yang terkunci secara geografis. Tetapi masalahnya, kita dapat mengkonfigurasi layanan ini atau menginstal aplikasinya langsung pada konsol.

Ada sedikit upaya yang diperlukan. Berikut adalah cara cepat dan sederhana untuk mengatur VPN pada konsol game Xbox, PS4, dan Nintendo Switch.

VPN untuk Xbox One

Bagi pengguna Xbox One, keuntungan utama VPN adalah melewati batasan geografis dan mengatasi penguncian pada situs-situs tertentu. Layanan ini dapat juga dapat membuka konsol kita ke konten regional yang tidak tersedia seperti layanan video, aplikasi, game, dan lainnya.

Selain itu, kita juga dapat mengatasi perlambatan bandwidth yang mungkin akibat batasan kecepatan ISP pada situs tertentu.

Namun, menggunakan layanan ini tidaklah mudah tanpa dukungan aplikasi VPN di Xbox One. Kami merekomendasikan kalian menggunakan PC Windows yang terinstal VPN dan berbagi jaringan melalui kabel Ethernet. Setelah menyambungkan PC dan Xbox dengan kabel Ethernet, kemudian ikuti cara mengatur dan menggunakan VPN di Xbox One berikut ini.

  1. Klik kanan pada tombol Start.
  2. Kemudian pilih Settings dan klik Network & Internet.
  3. Klik VPN.
  4. Pilih Change adaptor options.
  5. Klik kanan pada ikon VPN yang digunakan dan pilih Properties.
  6. Buka tab Sharing dan centang kotak yang bertuliskan Allow other networks to connect through this computer’s internet connection.
  7. Setelah itu pilih Private network connection.
  8. Pilih koneksi Ethernet yang terhubung yaitu Xbox kalian.
  9. Klik OK.
  10. Selanjutnya, pada Xbox tekan tombol controller.
  11. Tekan tombol RB tiga kali dan pilih Settings.
  12. Buka tab Network, pilih pengaturan.
  13. Terakhir, pilih Test network connection. Konsol kalian harus terhubung ke internet pada langkah ini.

Untuk menggunakan layanan VPN pada Xbox, PC kalian harus tetap menyala dengan koneksi yang aktif.

VPN untuk PS4

Sama seperti manfaat pada Xbox, penggunaan layanan jaringan pribadi pada PS4 juga dapat memberikan kinerja yang baik pada koneksi internet.

Namun, masalahnya adalah, kita tidak dapat mengkonfigurasi layanan ini secara langsung menggunakan konsol. Kita perlu menggunakan kabel Ethernet dan menghubungkannya dengan PC yang memiliki koneksi internet.

Maka dari itu, langkah untuk mengatur jaringan VPN untuk Ethernet sama dengan cara mengkonfigurasi pada Xbox. Berikut adalah cara mengatur VPN pada PS4.

  1. Setelah kalian menghubungkan Ethernet dengan layanan internet pada PC, langkah selanjutnya adalah dengan mengkonfigurasikannya pada konsol PS4.
  2. Pada PS4, buka menu Settings dan pilih Network Settings.
  3. Kemudian buka Set Up Internet Connection dan pilih opsi Use a LAN Cable and select the Easy connection method.
  4. Ketika muncul peringatan, pilih “Do Not Use a Proxy Server
  5. Kalian dapat mengetes koneksi internet pada konsol untuk memastikannya benar-benar telah terhubung.

VPN untuk Nintendo Switch.

Selain untuk bermain, Nintendo Switch juga dapat digunakan untuk layanan VoD yang menarik. Konsol ini juga berencana menambahkan layanan Netflix ke layanannya.

Namun, fasilitas ini tampaknya terbatas untuk negara tertentu, sehingga kita memerlukan jaringan pribadi untuk menikmatinya.

Berbeda dengan Xbox dan PS4, untuk Nintendo Switch kita dapat menikmati layanan VPN dengan berbagi jaringan dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi pada PC.

Langkah ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Hal yang membedakannya hanya pada proses pilihan jaringan pada langkah terakhir. Berikut adalah cara menggunakan VPN pada Nintendo Switch:

  1. Pada langkah ini, langsung masuk pada pengaturan Network & Internet, atur jaringan VPN dengan klik kanan pada ikon VPN dan pilih Properties.
  2. Lalu, buka tab Sharing dan centang kotak yang bertuliskan:
    • Allow other networks to connect through this computer’s internet connection.
    • Allow other network users to control or disable the shared Internet connection.
    • Pada pilihan Home Network Connection, pilih koneksi yang baru dibuat.
  3. Pilih OK.
  4. Setelah itu, buka Nintendo Switch dan pilih koneksi Wi-Fi yang baru saja dibuat.

Selain menggunakan PC, koneksi Wi-Fi yang menggunakan layanan VPN juga dapat diatur pada router.

Cara lain menggunakan VPN untuk semua konsol

Terdapat cara alternatif lainnya yang dapat digunakan untuk menikmati layanan VPN pada konsol game apapun yang terhubung ke internet.

Cara menggunakan VPN pada semua konsol game adalah dengan mengatur layanan ini pada router Wi-Fi. langkah-langkahnya sedikit bervariasi, sesuai dengan merek router yang kalian gunakan.

Namun, pada umumnya proses yang perlu kita lalui adalah dengan masuk ke pengaturan router dan cari halaman VPN. Kemudian, kalian akan diminta memasukkan detail di bawah ini:

  • Nama layanan
  • Alamat server
  • Nama akun/ alamat email
  • Kata sandi
  • Kunci pre-shared untuk enkripsi

Ini adalah cara termudah apabila kalian memiliki lebih dari satu konsol game yang dimainkan.

Dengan cara ini, semua perangkat yang terhubung dengan router akan secara otomatis menggunakan jaringan VPN. Ini juga berlaku pada perangkat yang terhubung seperti PC, smartphone dan tablet.

%d blogger menyukai ini: