Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mengatur Pemakaian Windows 11 Untuk Orang Tua/Lansia Biar Gaul

Indri Penulis

Orang tua mau pakai Windows 11? Bisa banget. Kamu tinggal coba cara mengatur pemakaian Windows 11 untuk orang tua / lansia berikut ini deh.

Teknologi modern dapat membuat orang tua atau lansia kewalahan beradaptasi. Microsoft selama ini telah bekerja keras untuk membuat navigasi yang mulus pada sistem operasi Windows 10, supaya tetap bisa dinikmati oleh kaum lansia.

Lalu bagaimana dengan OS terbaru Microsoft, Windows 11? Sebagai OS terbaru dan tercanggih saat ini, Windows 11 menghadirkan banyak perubahan tak hanya pada desainnya namun juga fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Pertanyaannya, bisa nggah sih orang tua menggunakan Windows 11? Bisa-bisa saja sih. Kalau kamu bingung gimana ngaturnya, tenang saja. Kami akan berikan tips dan cara mengatur pemakaian Windows 11 untuk orang tua / lansia.

Nonaktifkan Kata Sandi Startup

Kata sandi adalah ‘pantangan utama’ yang harus dihindari kaum lansia saat memanfaatkan teknologi. Ini juga berlaku saat mereka menggunakan Windows 11. Kalau setiap kali ingin mengakses Windows 11 mereka harus memasukkan kata sandi atau PIN, dijamin proses masuk bakal memakan banyak waktu. Alasannya jelas, karena mayoritas kaum lansia pelupa alias sulit mengingat sesuatu.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkan kata sandi startup Windows 11:

  • Buka aplikasi Windows Settings (klik kanan menu “Start” lalu pilih “Settings”).
  • Sekarang klik bagian “Accounts.”
  • Di bilah sisi kiri, klik opsi “Sign-in.”
  • Klik kanan “Password” di panel sebelah kanan dan pilih “Change.”
  • Klik “Next” setelah memasukkan kata sandi komputer saat ini.
  • Biarkan bidang untuk “New Password,” “Confirm Password” dan “Password Hint” kosong.
  • Terakhir klik “Next > Finish.”

Matikan Aplikasi Startup yang Nggak Perlu

Kalau ada terlalu banyak aplikasi startup yang diluncurkan setelah komputer dibuka, hal tersebut akan menghambat pengalaman para lansia dalam menggunakan Windows 11. Imbasnya, mereka perlu menutup satu per satu aplikasi yang terbuka. Maka dari itu kami sarankan untuk menonaktifkan saja aplikasi-aplikasi startup yang nggak perlu.

  • Buka “Task Manager” dengan klik kanan menu “Start.”
  • Buka tabStartup.”
  • Filter semua program tambahan yang sudah kamu aktifkan.
  • Untuk menonaktifkan aplikasi, klik kanan aplikasi tersebut dan pilih “Disable.”
Baca Juga:  Rumor: Windows 11 akan Punya Fitur Baru Sticker Editor, "Focus," dll

Tetap Nyalakan Antivirus

Komputer yang dipakai lansia rentan banget terserang virus. Karena mereka mungkin minim informasi soal penipuan-penipuan online, kaum lansia cenderung mengklik pesan/iklan pop-up yang tampil di situs website. Mereka nggak tahu kalau apa yang mereka klik itu berpotensi mengundang bahaya pada komputer.

Oleh karena itu, kami sangat menyarankan kalian untuk tetap menyalakan antivirus di komputer. Ada banyak jenis antivirus terbaik yang bisa kamu pilih kok. Mereka bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, budget dan selera.

Mengatur Penggunaan Vision

Windows 11 punya fitur yang bernama “Vision.” Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengatur tampilan berbagai hal yang ada di Windows 11 seperti ukuran teks, efek visual, mouse pointer, teks kursor, dll. Untuk mengakses pengaturan Vision, kamu bisa klik kanan menu “Start > Settings > Accessibility.”

Oke, kalau begitu mari kita lihat bagaimana cara mengubah setiap pengaturan Vision secara manual. Oya, kami cuma memberikan tutorial Vision yang fokus untuk kenyamanan lansia. Jadi mungkin nggak semua pengaturan Vision kami bahas di sini.

Cara Mengubah Pengaturan Tampilan dan Teks

Kamu bisa mulai dengan memperbesar ukuran teks. Kamu bisa melakukannya dengan klik menu “Text size” yang ada di urutan paling atas.

Selanjutnya, geser slider yang ada di bawah “Text size preview” ke kanan. Setelah itu, klik “Apply” untuk menerapkan pengaturan.

Cara Mengubah Pengaturan Mouse Pointer

Untuk mengatur mouse pointer, kamu bisa klik menu “Mouse pointer and touch” yang ada di bawah “Visual Effect.”

Sekarang, seret slider yang ada di bawah “Mouse pointer style” ke kanan untuk memperbesar ukurannya (saat kamu memperbesar ukuran mouse pointer, maka ukuran text cursor juga akan ikut membesar sesuai mouse pointer).

Melakukan Pengaturan Mouse Pointer

Semakin mudah kaum lansia menggunakan mouse pointer, maka semakin nyaman pula mereka akan menggunakan komputer. Oleh karena itu, pastikan pengaturan mouse pointer sudah dikonfigurasi dengan benar.

  • Buka “Control Panel” di Windows (ketik ‘control panel’ di kolom Search/Pencarian).
  • Klik menu “Hardware and Sound.”
  • Di bawah “Devices and Printers,” klik “Mouse.”
  • Selanjutnya di jendela “Mouse Properties,” klik tab Pointer Options.”

Selanjutnya, pastikan kamu melakukan perubahan berikut ini:

Kamu bisa tiru pengaturan yang ada di gambar di atas
  1. Tanya ke lansia yang pakai komputer, kira-kira seberapa kecepatan mouse pointer yang mereka inginkan.
  2. Pastikan kotak “Enhance pointer precision” sudah dicentang.
  3. Centang kotak “Hide pointer while typing.”
  4. Hilangkan tanda centang di kotak “Display pointer trails.”
  5. Centang kotak “Show location of pointer when I press the CTRL key,” supaya lansia bisa menemukan mouse pointer saat hilang di layar dengan cepat. Instruksikan mereka untuk menekan tombol “CTRL” saat mouse pointer hilang.
  6. Kalau sudah, klik “Apply > OK.”
Baca Juga:  Cara Menggunakan Clipboard History di Windows 11

Oke, itu tadi beberapa tips dan cara mengatur pemakaian Windows 11 untuk orang tua / lansia. Semoga cara ini bisa membantu!