skype windows 10

Cara Menggabungkan Akun Skype dan Microsoft

Dengan fitur SMS Relay yang belum lama hadir, menggabungkan akun Skype dan Microsoft menjadi semakin penting. Karena dengan demikian, pengaturan kontak beserta pesan yang ada bisa berjalan lebih selaras.

Ada kemungkinan kamu menggunakan layanan email lain sebagai dasar akun Skype kamu. Ya, karena dulu Skype adalah aplikasi yang berdiri sendiri. Setelah Skype dimiliki Microsoft pun, akunnya tidak otomatis menjadi satu. Masih terpisah.

[junkie-alert style=”white”] Baca juga: 21 Aplikasi Produktivitas Gratis Untuk Semua Platform [/junkie-alert]

Seiring berkembangnya Windows, akun Microsoft semakin terintegrasi dengan berbagai layanannya. Apalagi kalau kamu menggunakan Windows 8 dan Windows 10 yang memiliki Bursa, layanan Office, termasuk Windows Phone. Inilah yang disebut ekosistem. Skype termasuk di dalamnya.

Hal ini semakin penting ketika Microsoft berusaha menggabungkan layanan Pesan (SMS) dan Skype melalui fitur ‘Messaging Everywhere’. Fitur tersebut kemudian dibatalkan. Microsoft kemudian memberikan solusi yang lebih baik dengan SMS relay di aplikasi Skype UWP (saat ini bernama Skype Preview).

Sebelum ini, ada pilihan untuk menghubungkan akun Skype dan Microsoft (linked bukan merge). Untuk menggabungkannya, ada baiknya kita mulai dari nol.

menggabungkan akun skype dan microsoft

Cara menggabungkan akun Skype dan Microsoft
  1. Buka https://account.microsoft.com.
  2. Kalau secara otomatis sudah masuk ke akun Microsoft, pilih keluar (logout).
  3. Masuk kembali dengan menggunakan akun Skype (username Skype), dan menggunakan password akun Skype tersebut.
  4. Ada beberapa kemungkinan.
    1. Kalau kamu sudah menghubungkan akun Skype dengan akun Microsoft (linked) sebelumnya, akan ada pemberitahuan untuk masuk ke akun Microsoft untuk menggabungkan keduanya (merge) dan membuat nama Skype (Skype alias).
    2. Kalau belum, akan ada pemberitahuan informasi email yang kamu gunakan untuk Skype saat ini, dan ada pilihan untuk masuk dengan email lain.
      • Pilih masuk dengan email lain.
      • Masukkan email akun Microsoft.
      • Akan ada pemberitahuan untuk menggabungkan akun Skype dan Microsoft (merge). Lanjutkan.

[junkie-alert style=”white”] Artikel terkait: Cara Menggunakan SMS di Skype Windows 10 [/junkie-alert]

Harus diakui, pengelolaan akun Microsoft di berbagai layanannya memang sedikit kacau. Apalagi akhir-akhir ini, ketika Microsoft memperbarui layanan outlook.com beserta layanan terkait (juga dengan aplikasi Facebook baru).

Sayangnya, sehubungan dengan akun Skype ini, Microsoft tidak serta merta memberitahukan pengguna Skype dan pemilik akun Microsoft mengenai pembaruan ini. Informasi tersebut tersembunyi di halaman dukungan Skype (oleh sebab itu ada artikel ini 😀 ).

Semoga dengan menggabungkan akun Skype dan Microsoft, pengguna layanan tersebut bisa memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan dengan lebih baik.

[junkie-alert style=”red”] Perhatian!
Ketika saya menggabungkan akun Skype dan Microsoft, kontak di Skype menjadi sedikit kacau. Ada kontak dari akun Microsoft yang tidak punya akun Skype atau belum menjadi teman saya ikut masuk di dalamnya. Belum diketahui apakah menghapusnya mempengaruhi kontak di Outlook atau tidak. [/junkie-alert]

More Stories
Konfirmasi Pihak Niantic Tentang Jadwal Rilis Harry Potter: Wizards Unite
Konfirmasi Pihak Niantic Tentang Jadwal Rilis Harry Potter: Wizards Unite