Cara Mudah Masuk dan Pakai WhatsApp Web di Komputer

cara memakai whatsapp web

Walau ditujukan untuk pengguna handphone, aplikasi WhatsApp (WA) juga bisa kita pakai di PC Windows atau Mac. Salah satunya dengan browser. Nah, Di sini kami jelaskan cara masuk (login) dan pakai WhatsApp Web di komputer.

Aplikasi WhatsApp dulu hanya berguna di handphone. Namun kini sudah bisa digunakan hampir di mana saja. Termasuk juga di komputer. Selain memakai aplikasi desktop, WhatsApp juga bisa dipakai dengan peramban (browser).

Soal WhatsApp Web

Sebelum memakainya, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu WhatsApp Web. Tentunya supaya bisa lebih mudah memulai menggunakannya.

Apa Itu WhatsApp Web?

WhatsApp Web adalah aplikasi WhatsApp yang bisa kamu akses hanya dengan bermodal browser atau peramban. Kamu tidak perlu memasang atau install aplikasi sama sekali.

Walau begitu, cara untuk masuk dan mulai pakai WhatsApp Web atau aplikasi desktop sebenarnya sama saja. Dengan begitu, baik lewat browser atau lewat aplikasi, kamu tetap melakukan langkah yang sama.

Cara Memakai WhatsApp Web

  1. Buka aplikasi browser di komputer,
  2. Ketik web.whatsapp.com di kotak alamat browser.
  3. Akan muncul halaman situs web dengan QR code (gambar kotak-kotak).
  4. Buka aplikasi WhatsApp handphone
  5. Lakukan langkah berikut:
    • Di Android: Tekan tombol menu [], lalu pilih WhatsApp Web.
    • Di iPhone: Tekan tombol setting, lalu pilih WhatsApp Web.
  6. Pindai (scan) QR code yang ada di browser desktop / laptop itu dengan aplikasi di smartphone.
  7. Aplikasi WhatsApp di smartphone akan menghubungkan ke situs web.
  8. Nikmati chatting dengan WhatsApp di browser desktop / laptop.
mengaktifkan WhatsApp Web

Fitur dan Dukungan

Setelah kamu berhasil masuk, mari kita kenali lebih jauh fitur yang ada di WhatsApp Web ini.

Fitur Yang Tersedia

Fitur yang ada di WhatsApp Web hampir sama dengan yang ada di smartphone. Namun memang belum ada semuanya.

tampilan whatsapp web
Tampilan WhatsApp Web

Kamu bisa ngobrol lewat percakapan personal atau grup. Lalu kamu juga bisa memakai emoji, stiker, animasi GIF. Kamu pun bisa mengunggah dan mengunduh berkas, seperti foto, video atau dokumen. Selain itu kamu bisa pula mengirim pesan suara.

Di samping fitur di atas, kamu juga bisa melihat status WhatsApp. Namun sayangnya, kamu belum bisa membuat status WhatsApp di web.

Dukungan Peramban

WhatsApp Web bisa kamu pakai di semua peramban yang ada saat ini. Entah itu Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, Vivaldi, atau Brave.

Beberapa aplikasi peramban, seperti Opera dan Vivaldi, mendukung sematan aplikasi di menu samping (sidebar). Jadi kamu bisa mengakses WhatsApp Web dengan lebih cepat.

Kalau kamu tidak suka menggunakan browser, tentu saja kamu bisa memilih menggunakan aplikasi desktop. Sekali lagi, cara memakai aplikasi desktop sama dengan menggunakan WhatsApp Web.

Nah, silakan coba memakai WhatsApp Web di komputer atau laptop milikmu. Nikmati enaknya ngobrol dengan teman di layar dan keyboard yang lebih besar.

UPDATE: Silakan coba WhatsApp for PC.

%d blogger menyukai ini: