Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop & HP Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop & HP Dengan Mudah Tanpa Aplikasi
Febri Penulis

Banyak dari kamu yang sedang kesulitan menggunakan WhatsApp dan sedang mencari tutorial cara menggunakan WhatsApp Web di laptop dan HP, walau pun WA sudah menyediakan aplikasi untuk pengguna handphone.

Aplikasi WhatsApp (WA) juga bisa kita pakai di PC Windows atau Mac. Salah satunya dengan browser. Nah, di sini kami jelaskan cara masuk (login) dan pakai WhatsApp Web di komputer.

Aplikasi WhatsApp dulu hanya berguna di handphone. Namun kini sudah bisa digunakan hampir di mana saja. Termasuk juga di komputer. Selain memakai aplikasi desktop, WhatsApp juga bisa dipakai dengan peramban (browser).

Soal Cara Menggunakan WhatsApp Web

Sebelum memakainya, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu WhatsApp Web. Tentunya supaya bisa lebih mudah memulai menggunakannya.

Apa Itu WhatsApp Web?

WhatsApp Web adalah aplikasi WhatsApp yang bisa kamu akses hanya dengan bermodal browser atau peramban. Kamu tidak perlu memasang atau install aplikasi sama sekali.

Walau begitu, cara untuk masuk dan mulai pakai WhatsApp Web atau aplikasi desktop sebenarnya sama saja. Dengan begitu, baik lewat browser atau lewat aplikasi, kamu tetap melakukan langkah yang sama.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop

1. Buka aplikasi browser di komputer.

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop & HP Dengan Mudah Tanpa Aplikasi - Step 1

Buka Browser yang ada pada laptop kamu, bisa gunakan browser apa saja.

2. Ketik web.whatsapp.com di kotak alamat browser.

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop & HP Dengan Mudah Tanpa Aplikasi - Step 2

Pada kolom Alamat Browser > Ketik web.whatsapp.com > Enter.

Baca Juga:  Fitur Avatar WhatsApp Resmi Hadir, Bisa Bikin Foto Profil dan Stiker Avatar Sendiri!

3. Scan barcode yang muncul di halaman browser

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop & HP Dengan Mudah Tanpa Aplikasi - Step 3

Silakan Scan Barcode yang muncul di browser menggunakan akun WhatsApp yang ada di Ponsel.

4. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop & HP Dengan Mudah Tanpa Aplikasi - Step 4

Buka aplikasi WhatsApp di smartphone > Tap pada menu Pengaturan > Pilih Linked Devices > Tap tombol Link Device > Scan Barcode yang tadi muncul di layar browser laptop kamu.

Untuk pengguna iPhone bisa ikuti panduan berikut:

  • Tekan tombol Setting, lalu pilih WhatsApp Web/Linked Devices.

5. WhatsApp Web di Browser berhasil terhubung.

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop & HP Dengan Mudah Tanpa Aplikasi - Step Final

Setelah berhasil melakukan scanning barcode, maka nanti WhatsApp Web akan secara otomatis menghubungkan ke akun WhatsApp kita yang di smartphone dan kamu sudah bisa membuka WA (WhatsApp) di laptop melalui browser.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP

1. Buka browser di ponsel dan akses halaman web.whatsapp.com

Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP - step 1

Pastikan saat membuka halaman web.whatsapp.com, fitur Buka Halaman di Desktop Site Mode aktif > Scan Barcode menggunakan smartphone yang terhubung dengan akun WhatsApp yang berbeda seperti langkah yang sudah saya bahas di atas.

2. WhatsApp web di HP berhasil terhubung

Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP - Step Final

Setelah berhasil terhubung ke WhatsApp Web, sekarang kamu bisa mengakses WA web melalui browser di HP.

Alasan Kenapa Perlu Membuka WhatsApp Web di HP

Meskipun kita bisa membuka aplikasi WhatsApp di ponsel, tapi untuk beberapa alasan ada juga yang perlu membuka WhatsApp Web di smartphone, dan berikut adalah alasannya:

  1. Ingin memantau WhatsApp pasangan.
  2. Kebutuhan bisnis sehingga perlu banyak akun WhatsApp dalam satu ponsel.
  3. Penyimpanan internal smartphone sudah penuh.
  4. Hanya kebetulan iseng saja.

Fitur dan Dukungan

Setelah kamu berhasil masuk, mari kita kenali lebih jauh fitur yang ada di WhatsApp Web ini.

Fitur yang Tersedia

Fitur yang ada di WhatsApp Web hampir sama dengan yang ada di smartphone. Namun memang belum ada semuanya.

tampilan whatsapp web
Tampilan WhatsApp Web

Kamu bisa ngobrol lewat percakapan personal atau grup. Lalu kamu juga bisa memakai emoji, stiker, animasi GIF. Kamu pun bisa mengunggah dan mengunduh berkas, seperti foto, video atau dokumen. Selain itu kamu bisa pula mengirim pesan suara.

Baca Juga:  WhatsApp Uji Coba Stiker Avatar, Ada 10+ Paket Karakter Lucu

Di samping fitur di atas, kamu juga bisa melihat status WhatsApp. Namun sayangnya, kamu belum bisa membuat status WhatsApp di web.

Dukungan Peramban

WhatsApp Web bisa kamu pakai di semua peramban yang ada saat ini. Entah itu Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, Vivaldi, atau Brave.

Beberapa aplikasi peramban, seperti Opera dan Vivaldi, mendukung sematan aplikasi di menu samping (sidebar). Jadi kamu bisa mengakses WhatsApp Web dengan lebih cepat.

Kalau kamu tidak suka menggunakan browser, tentu saja kamu bisa memilih menggunakan aplikasi desktop. Sekali lagi, cara memakai aplikasi desktop sama dengan menggunakan WhatsApp Web.

UPDATE: Silakan coba WhatsApp for PC.

Nah, silakan coba memakai WhatsApp Web di komputer atau laptop milikmu. Nikmati enaknya ngobrol dengan teman di layar dan keyboard yang lebih besar.

WHAT’S NEXT?

Kurang lebih seperti itu tutorial cara menggunakan WhatsApp Web di laptop dan HP, ada banyak skenario yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan WhatsApp Web.

Seperti yang saya jelaskan di atas, kamu bisa melakukan tindakan memata-matai akun WhatsApp pasangan kamu dengan menggunakan WhatsApp Web ini.

Atau kamu pekerja keras yang di ponselnya tidak cukup jika hanya ada WhatsApp, WhatsApp Clone, dan WhatsApp Bussiness. Maka solusi yang bisa kamu gunakan adalah menambahkan WhatsApp Web di smartphone milik kamu.

Sehingga kamu bisa mengakses akun WhatsApp lebih dari 3 akun dalam satu ponsel. Jika kamu punya pertanyaan seputar WhatsApp, sampaikan saja di kolom komentar.


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasi, game, atau tutorial lain dari saya, Anom

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa mengikuti kami di Google News.