Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

LENGKAP! Begini Cara Menghapus Cache di Laptop dan Browser Sampai Tuntas

Indri Penulis

Kebanyakan cache bisa bikin laptop & browser lemot. Cobain cara menghapus cache di laptop dan browser berikut ini deh.

Suka heran nggak sih, kok tiba-tiba laptop dan browser lemot. Padahal cuma dipakai buat membuka 1-2 aplikasi/tab di browser.

Hm, bisa jadi salah satu penyebab laptop lemot atau browser terasa berat adalah karena kebanyakan cache. Cache sendiri merupakan data sementara dari aplikasi yang disimpan di memori komputer. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan.

Semakin sering dipakai, cache bakal semakin menumpuk. Kalau dibiarkan terus-menerus, laptop dan browser-mu bakal jadi lemot.

Nggak enak juga kan kalau seperti itu? Nah makanya kali ini saya bakal bagi-bagi tips cara menghapus cache di laptop dan browser sampai tuntas. Pastikan kamu baca langkah-langkahnya sampai selesai ya, biar nggak keliru nantinya.

Cara Menghapus Cache di Laptop

Kamu pasti bertanya-tanya, apakah menghapus cache di laptop aman dilakukan? Jawabannya aman-aman saja kok. Asalkan kamu ikuti panduan yang kami berikan ini. Justru kalau cache di laptop nggak pernah dihapus, mereka akan menumpuk dan membuat kinerja laptopmu jadi lemot.

Nggak mau laptop lemot gara-gara kebanyakan cache kan? Oke, makanya coba langkah-langkah berikut untuk memusnahkan cache dari laptop yuk! (Btw, di tutorial kali ini sebagai contoh, saya pakai Windows 11).

  • Tekan tombol Start untuk membuka menu Windows.
  • Setelah itu langsung ketik “Disk Cleanup.”
  • Klik aplikasi “Disk Cleanup” yang muncul di hasil pencarian.
  • Setelah dibuka, pilih menu “Drive C” dan klik tombol “OK.”
  • Selanjutnya tunggu sampai sistem selesai menghitung data yang tersimpan di laptopmu.
  • Kalau sudah, sekarang geser layar ke bawah sampai muncul opsi “Temporary Files.”
  • Setelah itu centang opsi “Temporary Files.”
  • [Opsional] Kamu juga bisa memilih jenis file lain yang mau dibersihkan dengan cara mencentangnya.
  • Kalau sudah, klik tombol “OK.”

Cara Menghapus Cache di Browser

Nggak cuma laptop, browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox juga gudangnya cachecache nggak penting. Semakin sering kamu menggunakan browser, maka makin banyak pula cache yang mengendap di dalam sana. Jadi kalau mau performa browser-mu nggak lemot, kamu bisa bersihkan cache di dalamnya secara berkala.

Google Chrome

Untuk menghapus cache di Chrome, tekan shortcut CTRL + H” lalu klik “Browsing Data.” Selanjutnya klik tombol “Clear Data” dan pastikan bagian “Cached images and files” sudah tercentang.

Mozilla Firefox

Cara menghapus cache di Firefox sebenarnya hampir mirip dengan Chrome. Kamu tinggal tekan shortcutCTRL + H” lalu pilih “Clear Recent History.”

Selanjutnya di sebelah “Time Range to Clear,” klik “Everything” dari menu drop-down, dan pilih “Cache” pada daftar item. Pastikan item lain yang tetap ingin kamu simpan tidak tercentang. Kalau sudah, klik “OK.”