Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Bikin Kotak Masuk Penuh, Begini Cara Menghapus Pesan OTP Otomatis

Indri Penulis

Pesan OTP sering bikin kotak masuk gampang penuh? Tenang, coba dulu cara menghapus pesan OTP secara otomatis berikut ini deh.

Kata sandi adalah hal yang paling privasi buat banyak orang. Pasalnya kata sandi digunakan untuk melindungi semua data pribadi entah yang ada di media sosial atau aplikasi bersifat private lainnya.

popculture.id

Seiring berkembangnya teknologi, orang-orang kini tak hanya mengandalkan kata sandi untuk mengamankan akun/data pribadi mereka. Kini orang-orang mulai menggunakan OTP (kata sandi sekali pakai) untuk meningkatkan keamanan akun (baik untuk akun media sosial, memverifikasi kredensial, sampai transfer uang secara online).

Seberapa Aman Pesan OTP?

Kalau kamu tanya seperti itu, jelas pesan OTP jauh lebih aman dibanding kata sandi biasa yang sering kamu buat. Pasalnya kata sandi konvensional bisa digunakan beberapa kali tanpa membutuhkan konfirmasi di HP.

Sedangkan kalau kamu pakai fitur OTP, kamu wajib membawa HP untuk menerima SMS berisi pesan OTP / kata sandi sekali pakai (SMS tersebut akan kadaluwarsa setelah digunakan). Dengan begitu orang yang nggak punya akses ke HP-mu tidak akan bisa mengakses kata sandimu, dan hal ini akan meminimalkan kemungkinan pencurian informasi.

Tapi kalau kamu pakai fitur pesan OTP buat mengakses berbagai hal (seperti membuka aplikasi media sosial, saat melakukan transaksi online, dll), jangan kaget ya. Kotak masuk di HP-mu biasanya akan cepat penuh karena banyaknya pesan OTP yang masuk.

Kamu nggak perlu khawatir. Biar kotak masukmu nggak cepat penuh gara-gara pesan OTP, kami punya solusinya buat kamu. Kali ini kami akan bagi-bagi tips membersihkan pesan OTP secara otomatis di HP.

Cara Menghapus Pesan OTP Otomatis

Google Messages bisa otomatis membagi pesan ke dalam beberapa kategori seperti Personal, Transactions dan OTP. Karena fitur ini, kamu sekarang bisa melihat semua pesan OTP di satu tempat tanpa perlu mencarinya di antara tumpukan pesan yang lain.

Selain itu, fitur tersebut juga memungkinkan kamu menghapus kata sandi secara otomatis setelah 24 jam. Hal ini akan membantumu menjaga kontak masuk supaya tetap bersih dan rapi.

Oke kalau begitu, begini cara membersihkan pesan OTP secara otomatis setelah 24 jam:

  • Buka aplikasi Google Messages di ponselmu.
  • Di dalam aplikasi tersebut, klik menu titik tiga.
menghapus pesan otp otomatis
  • Selanjutnya, klik “Settings > Message Organization.”
  • Aktifkan toggle Auto-delete OTPs after 24 hrs.
menghapus pesan otp otomatis

Selesai deh. Setelah fitur tersebut kamu aktifkan, algoritme Google akan secara otomatis mendeteksi dan menghapus pesan OTP yang ada di kotak masuk setelah 24 jam.

    %d blogger menyukai ini: