4 Cara Mengurangi Ukuran File PDF

Biar kirim dokumen ga makan banyak kuota

Format PDF merupakan salah satu format dokumen yang banyak digunakan di seluruh dunia saat ini. Siapapun, mulai dari pelajar, guru hingga para pekerja kantoran lebih suka menggunakan format PDF dibandingkan Word untuk mengirimkan file dokumen.

Sebut saja ketika mengirimkan invoice ke klien (yang entah kapan dibayarnya), menyampaikan informasi ke sesorang, mengirim memo atau bahkan mengirim presentasi, PDF adalah pilihannya.

Namun yang menjadi masalah adalah, jika dokumen pdf kalian memiliki banyak gambar dan grafik, ukuran dari dokumen tersebut akan bertambah besar. Dan ini menjadi perhatian banyak pekerja saat ini, karena dengan file pdf yang besar, maka berkirim email akan membutuhkan kuota yang besar pula.

Nah bagaimana cara mengurangi ukuran file pdf? ikutilah 4 langkah mudah berikut:

Hindari Scanning PDF

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah melakukan scan file pdf dan menjadikan berbagai dokumen menjadi satu.

Kamu hanya perlu scan file PDF saat perlu file tersebut dalam dokumen cetak. Untuk keperluan lain, kalian bisa menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Acrobat dan menggabungkan ke dalam masing-masing dokumen.

Simpan Lagi dalam Format Ukuran PDF yang Dikecilkan

Jika ukuran file PDF maish besar, ada beberapa langkah lain yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah menyimpan kembali file dalam format ukuran PDF yang dikecilkan.

Versi terbaru dari Adobe Acrobat memungkinkan kita untuk menyimpan kembali file dalam format PDF yang lebih kecil.

Yang harus kalian lakukan adalah memilih file -> save as other, lalu pilih opsi Reduce Size PDF. Namun, sebelum melakukannya, resiko yang harus kalian tahu adalah kualitas gambar dan grafik dalam file PDF akan lebih rendah, dan semua tag yang Anda masukkan ke file juga akan dihapus.

Gunakan Perangkat Lunak Kompresi Online

Trik lain yang efisien adalah menggunakan perangkat lunak kompresi online. Kalian tidak perlu mengunduh apa pun untuk melakukan kompresi file. Yang harus dilakukan adalah mengunggah file PDF, dan perangkat lunak menggunakan teknologi machine learning dan teknik kompresi terbaru untuk membuat file dengan ukuran lebih kecil.

Ada banyak perangkat lunak yang tersedia saat ini; salah satu yang bisa kalian gunakan adalah SodaPDF untuk kompres file PDF dan mendapatkan versi yang dioptimalkan.

Kurangi File Saat Menyimpan Sebagai PDF

Ada trik lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan ukuran file yang lebih kecil. Ketika kalian menyimpan dokumen Word ke PDF dan mendapatkan ukuran file yang kecil.

Untuk mengurangi ukuran file, kalian harus mengambil satu langkah ekstra. Saat menyimpan file dari dokumen Word ke PDF, pilih PDF dan masukkan nama file dari dokumen tersebut.

Kalian akan melihat opsi tambahan “Optimize for” di bagian bawah kotak dialog. Yang harus kalian lakukan adalah memilih opsi “Minimum size“, dan PDF akan dioptimalkan untuk dipublikasikan secara online. Ini akan menghasilkan ukuran file yang berkurang secara signifikan dari yang biasanya.

Nah itulah 4 cara mengurangi ukuran file PDF dengan mudah. Dengan ukuran file yang kecil, maka berkirim email tidak lagi boros kuota.

%d blogger menyukai ini: