Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Merekam Layar PC dan Mac Dengan Mudah

Tidak semua orang butuh merekam layar PC dan Mac, begitu juga tidak semua orang tahu cara merekam layar PC mereka. Sebelum kita memulai tutorial ini, siapa saja yang membutuhkan merekam layar pada laptop mereka?

Ada beberapa profesi yang mengharuskan untuk melakukan hal ini, diantaranya adalah, para pengembang aplikasi yang ingin membuat video demo produk mereka, gamers dan YouTubers. Selain mereka, ada juga pengguna biasa yang sesekali membutuhkannya.

Nah jika kalian merasa membutuhkan hal ini, maka inilah tutorial cara merekam layar PC dan Mac dengan mudah.

Pertama, download dan install software Ace Thinker Screen Grabber Pro. Ini adalah software berbayar, tapi kalian bisa mencobanya selama beberapa hari. Jika sesuai dengan kebutuhan, kalian bisa membelinya.

Kedua, Jalankan software tersebut melalui PC atau Mac. Kalian akan melihat layar utama dari software yang sangat mudah dipahami.

merekam layar pc
Tampilan utama

Ada beberapa pilihan, seperti Start (untuk merekam layar PC), Audio Input (memilih sumber audio), Screenshot, Upload (langsung upload ke YouTube/FTP), Settings dan Help.

Ketiga, untuk merekam layar PC, cukup klik tombol Start dan layar akan otomatis terekam. Namun, hal menariknya adalah, kalian bisa mengatur bagian layar mana yang akan direkam menggunakan software ini.

Klik tanda panah ke bawah di samping ‘Start’ untuk memilih kondisi untuk merekam layar PC, dan pilih sesuai kebutuhan.

Untuk merekam layar hanya pada wilayah tertentu, kalian bisa pilih ‘Region’, untuk layar penuh, bisa kalian pilih ‘Full screen’. Pada pilihan ‘Full screen’, jika kita memiliki lebih dari satu monitor, kita bisa pilih monitor mana yang ingin layarnya direkam. Dan ada pilihan lain seperti ‘Around mouse’, ‘Web camera’ dan ‘Only audio’. Pilihlah berdasarkan kebutuhan kalian.

Keempat, setelah selesai merekam layar PC, kalian bisa mengeditnya atau langsung mengunggahnya melalui YouTube melalui software AceThinker Screen Grabber Pro ini. Kelebihan dari software ini adalah, kalian bisa mengedit layar yang sedang merekam secara langsung.

Software ini juga memiliki fitur screenshot terintegrasi dengan membawa kemampuan yang dimiliki pada fitur merekam layar. Jadi kita bisa mengambil screenshot, mengeditnya dan langsung menguploadnya ke layanan screenshot.net.

Masih banyak kemampuan tersembunyi dari software ini, jika kalian tertarik untuk mencobanya, langsung saja kunjungi laman web resmi mereka.

More Stories
Pengguna Kaget, Google Ancam Android Tidak Akan Lagi Gratis