Cara Mudah dan Cepat untuk Mengatasi Printer yang Error

Apa printer kalian sering mengalami masalah? Tenang. Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi printer yang sering error.

Printer adalah alat elektronik yang dibutuhkan banyak orang. Tidak hanya dalam dunia perkantoran, alat yang satu ini juga sering dibutuhkan anak sekolah, terutama mahasiswa.

Memiliki printer sendiri memang lebih enak. Sebab kalian tidak perlu bolak-balik warnet hanya untuk mencetak sebuah dokumen.

Tapi tidak enaknya adalah saat printer tiba-tiba error. Jika printer kalian sering error, jangan khawatir. Sebab kali ini saya akan berbagi cara mengatasi printer yang error.

Lalu bagaimana cara mengatasi printer yang error? Simak penjelasan di bawah ini.

Sumber Gambar : Pixabay

Cara Mengatasi Printer yang Error

Error E02 (Printer is Out of Paper)

Masalah ini biasanya sering muncul. Meski begitu, error yang satu ini sangat mudah diselesaikan Lur. Selain itu, masalah ini disebabkan oleh kertas yang habis.

Jika kertas masih ada, error ini tentu tidak akan muncul. Solusi untuk mengatasi error ini adalah mengisi printer dengan kertas baru.

Error E03 (Paper Jam)

Sesuai namanya, masalah ini masih berhubungan dengan kertas. Namun biasanya kertas yang dimasukkan ke dalam printer tersangkut sesuatu.

Mungkin ini terdengar sepele. Tapi jika diteruskan, maka hal tersebut dapat merusak komponen yang ada di printer. Solusi mudah untuk menangani masalah ini adalah mengeluarkan semua kertas di printer.

Carilah benda yang mungkin terselip di antara kertas. Jika kertas sudah bebas dari benda asing, kalian bisa menata tumpukan kertas ke dalam printer lagi.

Error E04 (Ink Cartridge Cannot be Recognized)

Masalah ini terjadi karena ada masalah pada cartridge. Mungkin bisa disebabkan board pengenal cartridge basah, kotor atau bahkan rusak.

Kalian bisa mencabut cartridge dari printer. Setelah itu, bersihkan benda tersebut sampai bersih. Setelah bersih, pasang lagi ke dalam printer.

Jika sudah dibersihkan tapi cartridge masih tidak bisa dipakai, itu artinya benda tersebut sudah rusak. Kalian juga harus mengganti cartridge dengan yang baru.

Error P02 (Cartridge Error)

Error yang satu ini juga masih berhubungan dengan cartridge. Bedanya, masalah ini disebabkan oleh benda asing yang masuk ke roller.

Selain itu, bisa jadi encoder kotor. Perlu kalian ketahui, encoder merupakan jalur cartridge yang terbuat dari plastik mika. Jalur ini membentang dari kiri ke kanan dalam printer.

Jika kotor, kalian bisa cabut encoder dan membersihkannya. Selain itu, bersihkan juga board cartridge yang ada di printer secara berkala.

Error 1684

Kalian pernah reset printer? Jika iya, biasanya saat menekan tombol reset dan menahannya selama beberapa detik, printer otomatis akan hidup kembali.

Tapi jika tiba-tiba muncul pesan error, maka bisa jadi cartridge kalian sudah tidak layak pakai. Ini karena cartridge sudah tidak bisa digunakan, atau pun sudah tidak cocok dengan printer.

Solusinya? Tentu saja kalian harus mengganti cartridge dengan yang baru.

%d blogger menyukai ini: