Cara Mudah Menghilangkan Obyek Foto Yang Mengganggu

Wondershare Photo

Apakah kalian pernah merasa dongkol saat melihat foto-foto liburan yang seharusnya berkesan, namun ternyata ada obyek-obyek yang mengganggu? Jangan khawtir, sekarang kalian bisa menghilangkan obyek mengganggu sendiri dengan software, salah satunya adalah Wondershare Fotophire Editing Toolkit. 

Dengan menggunakan software Wondershare Fotophire Editing Toolkit, kita bisa dengan mudah menghilangkan obyek mengganggu.

Software ini memiliki tampilan yang sangat simpel, sehingga mudah untuk digunakan. Ketika pertama kali membuka software ini, kalian akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu Photo Cutter dan Photo Eraser. Yak, jika kalian membeli software ini, bukan saja mendapatkan satu, melainkan dua software sekaligus. Karena artikel kali ini adalah tips untuk menghilangkan obyek, maka pilihlah Photo Eraser.

Photo Eraser memiliki tampilan sederhana dan tidak banyak tombol di dalamnya. Wajar saja, karena software ini lebih diperuntukkan untuk pengguna yang tidak mengerti desain rumit layaknya Adobe Photoshop. Tentu ini merupakan kelebihan, karena meskipun baru pertama kali mencoba, saya tidak mengalami kesulitan menggunakan software ini.

Ada tiga fitur utama yang disediakan oleh software ini, yaitu crop, select & eraser dan cloning tool. 

Untuk menghilangkan obyek, pertama yang harus kalian lakukan adalah memilih foto. Setelah itu, pilihlah fitur select & eraser. Kemudian pilih tool untuk seleksi, bisa rectangle jika obyek yang kalian hilangkan tidak terlalu rumit, atau pilih laso jika ingin memilih obyek yang lebih fleksibel.

Setelah obyek yang dihilangkan sudah terpilih (ada warna merah yang mem-block), kemudian klik tombol Eraser. Software akan melakukan tugasnya menghilangkan obyek yang dipilih sebelumnya.

Proses tersebut akan memakan waktu sesuai dengan laptop yang digunakan. Saya menggunakan MacBook AIr 2017 dengan RAM 8GB, membutuhkan waktu sekitar satu menit agar software bisa menghilangkan obyek yang dikehendaki.

Setelah selesai menghilangkan obyek, langkah kedua adalah “membersihkan” background obyek tersebut agar terlihat rapih. Caranya, klik Cloning tool, klik ikon source point, kemudian arahkan kursor ke obyek yang ikin di kloning. Sebagai contoh, saya ingin menutup bekas obyek yang hilang tadi dengan tembok. Maka saya mengarahkan kursor ke obyek tembok yang ada difoto, kemudian pindahkan ke bekas bagian yang hilang dan klik dan gerak-gerakkan kursor untuk menutup bagian tersebut.

Setelah merasa hasil dari foto tersebut sesuai dengan yang diinginkan, maka kita bisa menyimpan foto tersebut.

Sebelum di-edit

setelah dihilangkan

Software Wondershare Fotophire Editing Toolkit memang bukan software editing foto yang lengkap layaknya Photoshop. Namun software ini memiliki penggunaan yang sangat mudah dan tidak perlu memiliki kemampuan desain. Harganya pun juga tidak semahal Photoshop.

Tentunya, buat kalian yang hobo traveling dan foto-foto, memiliki software ini merupakan hal yang baik, terlebih lagi, sangat sulit mencari momen agar obyek foto bebas dari orany-orang yang “mengganggu”, terlebih jika kalian bepergian di tempat-tempat yang terkenal.

Yang menarik dari software ini, kalian bisa mencobanya terlebih dulu (free trial) sebelum membelinya. Tertarik? langsung saja klik tombol Download di bawah.

DOWNLOAD

Ada komentar?