Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Mudah Migrasi iPhone X ke Samsung Galaxy Note 9

Bagaimana cara transfer kontak dari iPhone ke Samsung dengan mudah? ikuti tips berikut.

Samsung baru saja merilis lini terbaru dari ponsel mereka, yaitu Samsung Galaxy Note 9. Smartphone ini digadang-gadang mampu membuat para pengguna di dunia mengganti ponsel lama mereka ke Galaxy Note 9.

Bukan tanpa alasan, ponsel ini membawa spesifikasi hardware terkini sehingga memiliki performa tinggi dan menawarkan peningkatan pada S-Pen yang makin canggih.

Beberapa reviewer dunia juga tidak ragu untuk memuji performa dan kualitas dari Samsung Galaxy Note 9. Hal itulah yang membuat para pecinta gadget tak ragu untuk menjadi orang pertama yang mencicipi kecanggihan dari Galaxy Note 9.

Sebagai bukti, pre-order dari ponsel ini ludes dalam waktu dua hari saja. Mengingat Samsung Galaxy Note 9 bukanlah ponsel dengan harga murah, tentu hasil pre-order tersebut cukup baik.

Buat kalian yang sudah berhasil mendapatkan unit dari Samsung Galaxy Note 9, tentu merasa senang dan bangga. Menjadi salah satu pengguna pertama di Indonesia yang bisa mencicipi ponsel terbaru merupakan kenikmatan yang hakiki bagi tech entusiast. Namun biasanya, disetiap kebahagiaan akan hadir permasalahan.

Masalah Umum

Permasalahan yang sering terjadi ketika berganti ponsel adalah memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru. Baik data kontak, aplikasi, riwayat browser, kalender, musik, video, foto, email, SMS dan lain sebagainya.

Bukan rahasia lagi jika memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru cukup memakan waktu dan merepotkan. Terlebih lagi jika kalian adalah pengguna iPhone dan ingin beralih ke Android. Akan banyak masalah yang muncul saat melakukan transfer dari iPhone ke Android, terutama perbedaan format kontak (.vcf) yang berbeda antara iOS dengan Android.

Nah, bagaimana cara transfer kontak dari iPhone ke Samsung dengan mudah?

Solusi

Ada beberapa cara transfer kontak dari iPhone ke Samsung. Pertama, menggunakan aplikasi Samsung Smart Switch App. Install aplikasi tersebut di iPhone dan Samsung, kemudian buka aplikasi tersebut dan ikuti perintahnya. Cara ini terlihat praktis, kelemahannya, dibutuhkan koneksi antar perangkat yang stabil jika ingin semua data pindah dengan sempurna.

Kedua, menggunakan iTunes. Sambungkan iPhone ke iTunes melalui kabel data, kemudian pilih  Devices (klik iPhone kalian) -> Info. Centang kotak “Sync Contact with” dan pilih Google Contacts. Setelah itu, klik tombol “Apply”.

Untuk memindahkan kontak tersebut, cukup login di smartphone menggunakan akun Google yang digunakan ketika melakukan sinkronisasi menggunakan iTunes tadi.

Kelemahan dari cara ini adalah, kita membutuhkan koneksi internet dan harus mengubah format kontak dari iPhone ke Android agar sesuai dengan format Indonesia (nama depan, nama belakang).

Ketiga, menggunakan iCloud. Pastikan kontak kalian tersinkronisasi dengan iCloud, karena kita membutuhkannya untuk mengunduh data kontak (.vcf) melalui web.

Buka iCloud.com menggunakan ponsel Samsung, buka bagian contact, klik ikon gear yang terletak di pojok kanan bawah, kemudian pilih “Export vCard”. Nah, gunakan file vcard dari iCloud saat melakukan import kontak langsung di ponsel Samsung-nya.

Atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama “Sync for iCloud Contacts” untuk membantu memindahkan kontak dari iPhone ke kontak Samsung.

Kelemahan dari cara ini adalah, kurang praktis dan terkadang aplikasi pihak ketiga tersebut gagal ketika login menggunakan akun iCloud.

Keempat, menggunakan software dr.fone. Ini adalah langkah paling praktis dan mudah. Setelah berhasil men-install software dr.fone, buka dan pilih “Switch”. dr.fone akan mengunduh fitur tersebut dan membukanya begitu selesai.

Sambungkan iPhone dan Samsung Galaxy Note 9 (atau ponsel Android manapun) ke PC atau laptop. dr.fone akan menghubungkan ponsel-ponsel tersebut. Untuk pengguna iPhone, pastikan ponsel kalian tidak terkunci agar dr.fone bisa terhubung.

Untuk beberapa pengguna Android, silakan aktifkan USB Debug agar dr.fone mampu terhubung. Caranya:

Masuk ke System -> About phone -> Software information. Tap tujuh kali pada bagian “Build number” hingga muncul notifikasi bahwa ponsel sudah berada pada mode Developer.

Setelah itu, masuk System -> Developer options, cari pilihan USB debugging, kemudian geser slider untuk mengaktifkannya.

Cara ini berlaku untuk kalian pengguna Android versi 6.0 keatas. Untuk versi di bawahnya, tak jauh beda, hanya mungkin saja penempatan fiturnya saja yang berbeda.

Setelah kedua ponsel tersambung dengan PC atau laptop, kalian tinggal pilih konten yang ingin dipindahkan ke Samsung Galaxy Note 9 (atau ponsel Android lain). Kalian bisa pilih Kontak, pesan teks, kalender, riwayat panggilan, foto, musik dan video.

Sebenarnya masih ada dua pilihan lain, yaitu Apps da App Data. Kedua pilihan tersebut hanya bisa digunakan jika kalian ingin ganti ponsel dengan yang memiliki sistem operasi sama (Android-ke-Android atau iPhone-ke-iPhone).

Setelah konten-konten tersebut kalian pilih (dengan memberikan tanda centang), maka klik tombol “Start Transfer”. dr.fone akan mulai memindahkan data-data dari iPhone X ke Samsung Galaxy Note 9.

Saat proses berlangsung, pastikan kabel tetap terhubung, tidak boleh ada gangguan (misalnya copot atau kualitas kabel tidak baik), jadi pastikan kalian menggunakan kabel yang kualitasnya baik.

Jika proses transfer selesai, kalian akan mendapatkan notifikasi dan pop-up konten-konten yang berhasil ditransfer oleh dr.fone.

Gampang kan? namun kemudahan itu harus kalian tebus dengan merogoh kocek sebesar 39,95$ untuk lisensi seumur hidup. Mahal? relatif. Jika kalian adalah pengguna yang ga mau ribet dan sangat ketat terhadap waktu, maka tidak ada salahnya membayar sejumlah uang tersebut.

Selain fitur di atas, dr.fone toolkit memiliki segudang fitur yang sangat berguna, seperti:

  1. Backup WhatsApp dari iPhone kemudian restore ke Android (fitur yang sangat diidam-idamkan pengguna WhatsApp saat ini!).
  2. Mengembalikan data iPhone atau Android yang hilang, transfer data dari Android atau iOS ke PC (sebaliknya).
  3. Menghapus data iPhone atau Android agar tidak bisa di-restore lagi (berguna buat yang ingin menjual ponselnya agar aman dari pembeli yang jahil).
  4. Melakukan unlock Android atau iPhone meskipun kita lupa password-nya.
  5. Memperbaiki kerusakan iOS (stuck di logo Apple, mode recovery, dll).
  6. Backup dan restore akun-akun chat kalian (WhatsApp, KiK, Viber, LINE, WeChat dll).
  7. Melakukan root Android dengan mudah.

Tentu saja untuk mendapatkan fitur-fitur di atas, kita harus merogoh kocek lebih dalam lagi, yaitu 139.95$. Cukup mahal untuk keperluan pribadi, tapi sepertinya menarik jika digunakan untuk jualan jasa. Backup-Restore WhatsApp dari iPhone ke Android (atau sebaliknya) sepertinya bakal laku. tertarik?

DOWNLOAD

More Stories
HyperX Akhirnya Memperluas Jajaran SSD Terbarunya dengan Menambahkan SSD FURY RGB