Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Memakai AirDrop di iPhone

apple airdrop
Anom Penulis

Kamu tentu sering mendengar istilah AirDrop di ekosistem Apple kan? Kalau kamu baru pertama kali menggunakan perangkat Apple mungkin kamu belum paham betul soal fitur satu ini. Oleh karena itu, di sini terdapat tutorial cara memakai AirDrop pada iPhone.

AirDrop merupakan layanan milik Apple untuk melakukan transfer file antar perangkat dalam jarak dekat secara nirkabel (tanpa lewat internet/cloud). Fitur ini memanfaatkan koneksi Bluetooth juga WiFi secara lokal, dan pertama kali hadir pada Mac OS X Lion dan iOS 7.

Pada awal peluncuran AirDrop, platform lain (Windows dan Android) belum memiliki fitur serupa secara bawaan. Oleh karena itu, pengguna sering memanfaatkan aplikasi transfer file yang memiliki protokol serupa. Kini Android sudah memiliki fitur Nearby Share (Berbagi Langsung).

Nah, mari kita lihat cara menggunakan AirDrop di iPhone.

Setelan AirDrop iPhone

Sebelum menggunakan fitur AirDrop, ada pengaturan yang perlu kamu ketahui. Yaitu siapa saja yang bisa melihat perangkatmu dan mengirim file.

Untuk mengatur siapa yang bisa mengirim file lewat AirDrop:

  1. Buka ‘Pusat Kontrol’ di iPhone
    • Di iPhone 8 atau yang lebih lama: Geser dari batas bawah layar.
    • Di iPhone X dan yang lebih baru: Geser dari pojok kanan atas layar.
  2. Tekan lama kotak koneksi jaringan.
    • Akan memunculkan menu pilihan koneksi lebih lengkap.
  3. Tekan lama tombol ‘AirDrop’.
  4. Pilih salah satu setelan:
    • Penerimaan Mati (Receiving Off): Kamu tidak akan menerima permintaan AirDrop.
    • Hanya Kontak (Contacts Only): Hanya orang di dalam kontak yang bisa melihat perangkatmu.
    • Semua Orang (Everyone): Semua perangkat Apple terdekat yang mengaktifkan AirDrop bisa melihat perangkatmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengakses setelan melalui: Pengaturan (Setting) > Umum (General) > AirDrop. Kamu akan menemukan pilihan serupa seperti dari Pusat Kontrol.

Cara Mengirim File dengan AirDrop

Kamu bisa mengirim file dari iPhone ke perangkat lain dengan mudah, baik itu gambar, video, bahkan link website (bisa langsung terbuka pada browser di Mac).

Cara transfer file lewat AirDrop:

  1. Pilih file yang akan kamu kirim.
    • Untuk gambar dan video bisa lewat aplikasi Photos.
    • Untuk berkas dokumen bisa lewat aplikasi Files.
    • Lalu untuk link website bisa lewat browser.
  2. Tekan tombol ‘Share’.
  3. Jika perangkat bersangkutan sudah terhubung (paired), perangkat akan muncul di daftar kontak dan kamu bisa langsung memilihnya.
  4. Jika perangkat belum terhubung, kamu bisa tekan ‘AirDrop’ dari daftar aplikasi.
    • Ada perbedaan tampilan deteksi perangkat AirDrop untuk iPhone Xs atau yang lebih lama dan iPhone 11 atau yang lebih baru.

Jika perangkat yang bersangkutan sudah terhubung sebagai pasangan (paired), biasanya berkas akan langsung dikirim dan diterima secara langsung.

Jika tidak terhubung, maka biasanya perangkat yang menerima akan memunculkan notifikasi dengan pratinjau berkas. Penerima bisa memilih apakah akan menerima atau menolak dari notifikasi tersebut.

Fitur Berguna

Tentu, kalau kamu menggunakan iPhone dan komputer Mac, kemungkinan besar kamu bisa mengakses data antar perangkat dengan mudah lewat iCloud (termasuk aplikasi Photos).

Tapi jika kamu ingin berhemat kapasitas iCloud, kamu bisa memanfaatkan AirDrop. Apalagi jika ukuran file relatif besar (misalnya video). Demikian pula jika kamu ingin melakukan transfer gambar yang kurang penting disimpan di cloud, seperti screenshot, tapi memerlukannya (misalnya seperti menulis tutorial ini).

Nah, sekarang giliranmu mencoba memakai AirDrop untuk transfer file dari iPhone.

    %d blogger menyukai ini: