Cara Pakai TouchStadia untuk Tampilkan Kontroler di Layar Stadia Android

Mau main game di Stadia Android tapi tidak punya kontroler? Tenang. Kalian bisa pakai TouchStadia dan simak cara berikut untuk menggunakannya.

Google Stadia adalah platform streaming game yang diluncurkan Google tahun lalu. Saat pertama diluncurkan, Stadia hanya bisa dipakai via website.

Tapi beberapa waktu lalu, Google telah meluncurkan Stadia untuk ponsel Android. Kalian juga bisa baca daftar ponsel Android yang mendapat dukungan Google Stadia.

Sayangnya, memakai Stadia di ponsel tanpa kontroler sangat sulit. Tapi kalau kalian mencari alternatif kontroler, kalian bisa coba TouchStadia.

Apa Itu TouchStadia?

TouchStadia adalah script JavaScript untuk menambah kontroler ke layar ponsel. TouchStadia bisa dipakai untuk Google Chrome atau ponsel Android.

Sebenarnya TouchStadia tersedia dalam bentuk ekstensi di Chrome. Tapi karena Chrome Android tidak mendukung ekstensi, jadi kalian harus menempelkan kode secara manual.

Kalian juga tidak perlu menginstal aplikasi atau mod tambahan untuk menggunakan TouchStadia. Kalian cukup menempel kode ke Chrome setiap kali ingin bermain.

Saat kalian mengaktifkan script ini, akan muncul kontroler virtual di dalam layar Stadia Android. Jadi dengan script ini, kalian tidak membutuhkan kontroler kabel untuk bermain game.

Oya, TouchStadia tidak hanya menyediakan kontroler virtual. TouchStadia juga menyediakan dukungan untuk joystick. Kalian cukup menyeret jari ke samping, di mana tidak ada tombol untuk mengaktifkan aksi joystick.

Bagaimana Cara Pakai TouchStadia?

Chrome untuk Android tidak mendukung penggunaan ekstensi. Jadi kalian harus menempelkan TouchStadia ke browser secara manual.

  • Buka Chrome di ponsel kalian.
  • Buka tautan ini di Chrome.
  • Pilih semua teks yang ada di dalam kotak, lalu copy teks tersebut.
  • Buka aplikasi Stadia di ponsel.
  • Pilihlah opsi ‘Dekstop site.’
  • Ketuk address bar dan ketik ‘javascript:
  • Paste teks yang telah kalian copy sebelumnya setelah titik dua.
  • Tanpa spasi di antara keduanya, ketik lagi ‘javascript:
  • Tekan tombol ‘ENTER’ di keyboard

Oke, setelah itu kalian bisa melihat tampilan kontroler virtual di Stadia. Perlu diingat, kalian harus mengulang cara di atas setiap menutup atau me-refresh Stadia. Selamat mencoba ya!

%d blogger menyukai ini: