4 Cara Jitu Promosi Jualan di Instagram Reels Biar Produkmu Viral

Mau promosi bisnis pakai Instagram Reels tapi bingung caranya? Kamu bisa coba 4 cara promosi jualan di Instagram Reesl berikut ini.

Instagram telah meluncurkan fitur Reels sejak beberapa bulan lalu. Kalau awalnya fitur ini cuma bisa dinikmati di luar negeri, untungnya sekarang Reels sudah bisa dinikmati pengguna Indonesia.

Awalnya fitur video vertikal ini dibuat untuk menyaingi TikTok. Tapi siapa sangka, seiring berjalannya waktu Instagram Reels justru sering digunakan untuk mempromosikan produk jualan online.

Sebagai pengguna Instagram, kamu pasti sering melihat video Reels yang ujung-ujungnya mempromosikan produk jualan kan?

Nah buatmu pejuang cuan dengan cara jualan online di Instagram, nggak ada salahnya buat coba Instagram Reels untuk mempromosikan produkmu.

Eits tapi jangan asal ya. Kamu bisa coba cara jitu promosi jualan di Instagram Reels berikut ini, biar produkmu viral!

Sumber : Superb

Bikin Video 15 Detik

Seperti yang kamu tahu, Instagram Reels punya batasan waktu perekaman video sampai 60 detik. Tapi kalau kamu bikin video promosi dengan durasi selama itu, pasti penonton bakal bosan.

Lalu berapa waktu ideal untuk bikin video promosi di Reels? Kamu bisa coba bikin video berdurasi kurang dari 15 detik. Walau kesannya cuma sebentar, tapi kalau bisa memanfaatkan dengan baik, waktu 15 detik sebenarnya sudah cukup untuk mempromosikan produkmu lho.

Misalnya kamu mau mempromosikan baju. Kamu cukup menyuruh model (atau dirimu sendiri ‘kalau PD’ sih) untuk memakai bajumu itu. Lalu biarkan dia berlenggak-lenggok memamerkan semua bagian bajumu mulai dari depan, samping atau belakang. Dijamin waktu 15 detik bakal terasa pas

Jangan lupa gunakan audio yang sedang viral saat ini. Kalau pakai audio yang sedang viral, otomatis peluang orang untuk menemukan video-mu juga akan semakin tinggi.

Perlu kamu tahu, watch time akan bagus jika video Instagram Reels-mu sering diulang dan selesai ditonton oleh orang lain. Selain itu, video Reels yang sering ditonton ulang juga bakal mendapat penilaian yang bagus dari Instagram. Secara otomatis, Instagram bakal menampilkan video-mu di beranda orang lain (yang bahkan nggak mengikuti akunmu).

Headline Menarik

Saat mempromosikan produk pakai Reels, kamu nggak cuma dituntut untuk fokus ke tampilan barangnya saja. Tapi perhatikan pula penggunaan headline alias judul yang menarik. Kalau bisa, buatlah judul yang membuat orang lain penasaran.

Contohnya seperti apa sih? Misalnya “1 Menit Makeup Buat ke Kondangan Mantan” (cocok banget banget buat yang promosi produk makeup), atau “15 Detik Bikin Model Hijab Kekinian” (cocok buat promosi produk hijab), atau judul menarik lainnya.

Oya jangan lupa, buatkan juga gambar sampul yang menarik. Coba bayangkan dirimu sendiri. Saat melihat cover video yang menarik, pasti kamu otomatis kepo dengan isinya kan?

Konten Unik

Pilihlah konten yang berbeda atau jarang / tidak pernah dibahas akun lain, tapi yang satu niche denganmu. Contohnya gimana?

Misalnya niche produkmu makeup. Katakanlah akun-akun lain fokus mempromosikan fungsi produk dan kandungan yang ada di dalamnya.

Nah, kamu bisa bikin video promosi yang menekankan pada pengaplikasian produkmu ke wajah pengguna, seperti video tutorial makeup dengan menggunakan produkmu. Percayalah, orang akan lebih tertarik melihat tampilan produkmu saat diaplikasi ke wajah, dari pada cuma mengetahui kandungan apa yang ada di dalam produk tersebut.

Repeatable

Saat membuat video Reels, buatlah durasi di scene tertentu agar terasa lebih cepat. Misalnya tulisan yang muncul dan berganti dengan cepat.

Kenapa perlu seperti itu? Sebab dengan begitu, penonton yang kurang fokus bakal ketinggalan kata yang sebelumnya tampil. Otomatis, mereka akan mengulang-ulang video-mu. Imbasnya, video-mu bakal mendapat penilaian yang bagus dari Instagram karena ditonton berulang-ulang.

%d blogger menyukai ini: