Wajib Coba! Inilah 5 Tips dan Cara Agar Reels Banyak Viewer

Apakah kamu sedang cari cara supaya Reels banyak viewer? Hmmm, mungkin kamu bisa coba langkah-langkah berikut ini.

Reels adalah salah satu fitur Instagram yang paling populer sekarang (selain Instagram Stories tentunya). Fitur ini masih terbilang baru di Indonesia, karena baru rilis beberapa bulan lalu.

Walau pun fitur baru, tapi Reels langsung berhasil menggaet perhatian banyak orang. Apalagi format Reels dibikin hampir mirip dengan TikTok. Kamu bisa bikin video pendek yang ditambah berbagai jenis efek dan audio populer, lalu mengunggahnya langsung ke Instagram.

Kali ini saya nggak akan bahas cara bikin Reels, karena sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya. Sekarang saya mau bagi-bagi tips dan cara agar video Reels bikinanmu banyak viewer.

Bikin Video Reels yang Sedang Tren

Buat yang sudah lama pakai TikTok, pasti kamu sudah paham dong kalau di TikTok ada banyak sekali challenge. Mulai dari dance challenge, mukbang challenge, dll. Setiap kali kamu ikut challenge yang sedang viral, kamu akan lebih mudah menjaring banyak viewer.

Begitu juga di Reels. Kamu bisa bikin video Reels dari challengechallenge yang sedang viral saat ini. Sayangnya Instagram sampai sekarang belum punya fitur halaman khusus untuk menampilkan challenge Reels (seperti di TikTok). Jadi mungkin kamu bisa memantau TikTok untuk tahu challenge apa yang sedang viral.

Contohnya saat artikel ini saya tulis, di Reels sedang viral Lalisa Challenge. Sesuai namanya, challenge ini mengajakmu untuk meng-cover dance lagu “LALISA” milik Lisa BLACKPINK. Ada juga Hello Bitches Challenge yang mengajakmu bikin video pakai lagu “Hello Bitches” CL 2NE1, sambil ditambah filter menyeramkan.

Bikin Video Reels Unik

Kalau ingin mencoba hal yang lebih menantang, mungkin kamu bisa bikin video Reels yang unik. Kalau video-mu unik, kreatif, dan original, orang-orang pasti bakal tertarik nonton video-mu. Bahkan bisa jadi video-mu bakal dijadikan trend-setter oleh banyak orang.

Nih contohnya bisa kamu lihat di video Reels milik Yuri SNSD. Di video ini, Yuri SNSD bikin video pakai efek magic mirror. Jadi saat dia mengetuk cermin di depannya, penampilannya bakal berubah sesuai irama lagu yang dipakai.

Karena video ini benar-benar unik, nggak heran kalau viewer-nya lebih dari 22 juta. Video ini akhirnya jadi trend-setter dan ditiru oleh banyak orang. Keren kan?

Pakai Audio yang Sedang Populer

Pemakaian audio yang tengah populer/viral juga bisa mempengaruhi jumlah viewer lho. Dikutip dari Plann, saat banyak orang berinteraksi dengan audio tertentu, algoritme Instagram bakal mencatatnya lalu menambahkan lebih banyak video yang pakai audio Reels serupa ke feed.

cara reels banyak viewer

Hal tersebut juga akan meningkatkan peluang melonjaknya viewer Reels (bahkan bisa mendatangkan follower baru juga lho). Untuk melihat audio mana yang sedang populer, kamu bisa klik bagian bawah video Reels mana pun.

Edit Video Pakai Filter Instagram

Reels punya fitur bawaan untuk mengedit. Kamu bisa pakai fitur ini untuk menambahkan audio, teks, efek visual, dll. Saya sarankan agar kamu benar-benar pakai fitur ini untuk mengedit video, bukan menggunakan fitur dari aplikasi lain.

cara reels banyak viewer

Kenapa? Karena dikutip dari Social Media Examiner, Instagram benar-benar ingin kita memakai fitur bawaan Reels. Imbalannya kalau kamu rajin pakai fitur bawaan Reels, video-mu akan lebih mudah dijangkau oleh penonton.

Jangan Lupa Pakai Tagar/Hashtag Ya!

Terakhir, jangan lupa pakai tagar/hashtag setiap kali kamu mengunggah video Reels. Cara kerjanya sama seperti saat kamu mengunggah video ber-hashtag ke TikTok. Kamu bakal lebih mudah mendapat banyak viewer (ini juga yang pernah saya lakukan).

cara reels banyak viewer

Misalnya kamu bikin video LALISA Challenge, sisipkan saja #lalisachallenge, #lalisadance atau tagar apa pun yang masih ada hubungannya sama LALISA Challenge. Trik ini juga berlaku buat hashtag-hashtag lainnya.

%d blogger menyukai ini: