Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Cara Screenshot iPhone Lengkap dan Mudah, Untuk Berbagai Seri

Anom Penulis

Ketika kamu baru memakai iPhone pertama kali, mungkin salah satu pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara screenshot iPhone? Jangan kuatir, di sini ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh.

Membuat tangkapan layar mungkin merupakan salah satu kegiatan yang sering kita lakukan di ponsel. Terutama kalau kita menemukan sesuatu yang menarik di jagat internet. Jadi hal ini memang wajib kamu ketahui.

Permasalahan Dalam Screenshot di iPhone

iPhone sudah melalui banyak perubahan. Baik dari sisi perkembangan sistem operasi iOS, maupun desain bodi iPhone itu sendiri. Hal ini membawa pengaruh pada pengalaman penggunaan (user experience) yang ada.

Berhubungan dengan tangkapan atau jepretan layar alias screenshot di iPhone, ada perbedaan cara di beberapa seri yang ada. Hal ini berhubungan dengan letak tombol-tombol di bodi iPhone.

Ini contohnya. Cara screenshot iPhone 6, iPhone 7, atau iPhone 8 berbeda dengan iPhone X, iPhone 11, iPhone 12, dan yang lebih baru lagi. Tentu hal ini membuat pengguna harus beradaptasi kembali.

Jika memang pengguna itu sudah pernah memakai iPhone, mungkin sudah bisa menduganya. Tapi kalau pengguna baru atau yang melompat antar seri cukup jauh, bisa jadi bingung.

Untuk itulah kami membahasnya di sini.

Cara Screenshot iPhone

Nah, saat ini ada beberapa tipe iPhone berbeda yang beredar di pasaran. Lucunya, tiap jenis itu memiliki cara screenshot yang berbeda. Entah kenapa kok tidak konsisten. Tapi toh ini cara resmi yang diberikan oleh Apple.

Baca Juga:  Apple Konfirmasi iPhone Pakai USB-C, Akhir Colokan Lighting?

Oya, Apple memakai istilah ‘Jepretan Layar,’ bukan ‘Tangkapan Layar.’

1. Dengan Tombol Di iPhone dengan Face ID

Untuk iPhone yang memiliki fitur Face ID (yang ada poni alias notch), kamu membuat tangkapan layar dengan menekan tombol power dan volume-naik secara bersamaan.

gambar cara screenshot iphone dengan face id

2. Dengan Tombol Di iPhone dengan Touch ID

Untuk iPhone yang memakai Touch ID, kamu membuat tangkapan layar dengan menekan tombol Utama (Home) dan tombol Power secara bersamaan.

gambar cara screenshot iphone dengan touch id

3. Dengan Tombol Di iPhone dengan Touch ID dan Tombol Atas

Di iPhone yang memiliki Touch ID dan tombol atas, kamu membuat tangkapan layar dengan menekan… ya benar… tombol Utama (Home) dan tombol Power (atas) secara bersamaan.

4. Dengan Ketuk 2 Kali Di Bagian Belakang

Apa ada cara lain untuk membuat tangkapan layar di iPhone? Ada. Cara ini pun tidak kalah menarik.

Mulai dari iOS 14, Apple menambahkan fitur yang memungkinkan kita mengetuk bagian belakang iPhone untuk melakukan tindakan tertentu. Pilihan ketukan meliputi dua kali dan tiga kali. Tentu kamu bisa memanfaatkan ketukan di bodi belakang iPhone untuk membuat screenshot.

Cara mengaktifkan ketuk bagian belakang untuk screenshot:

  1. Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh,
  2. Pilih Ketuk Bagian Belakang.
  3. Tekan salah satu: Ketuk Dua Kali atau Ketuk Tiga Kali.
  4. Tekan pilihan: Jepretan Layar.

Cara ini merupakan pilihan yang cukup mudah untuk membuat screenshot. Tapi ada pula kelemahannya. Bisa jadi kamu sering membuat tangkapan layar karena menekan bagian belakang secara tidak sengaja.

5. Screenshot Website Halaman Penuh

Ya, ada cara membuat screenshot iPhone panjang. Yaitu untuk satu halaman web penuh. Bahkan tanpa harus menggeser bagian halaman tersebut.

Baca Juga:  iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max akan Punya Fitur Always on Display

Cara membuat screenshot halaman situs penuh:

  1. Pada halaman situs bersangkutan, buat tangkapan layar.
  2. Tekan gambar kecil di sudut kiri bawah untuk menyuntingnya.
  3. Pilih tombol Halaman Penuh.
  4. Simpan gambar.
membuat screenshot halaman website penuh di iphone

Pilih Yang Kamu Butuhkan

Itulah berbagai cara screenshot iPhone. Tidak susah kan? Seperti biasa, Apple memberikan beberapa alternatif. Jika kamu susah pakai tombol, buat screenshot dengan tanpa tombol (dengan ketuk 2 kali).

Jika butuh tangkapan layar website satu halaman penuh, ya tinggal buat saja. Semua bisa dilakukan.

Kalau kamu memang masih benar-benar baru memakai iPhone, mungkin kamu juga perlu mengenali ikon yang ada di status layar.