Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Screenshot Panjang Pakai HP Samsung. Praktis Banget!

Indri Penulis

Mau screenshot panjang di HP Samsung tapi bingung caranya? Coba cara screenshot panjang pakai HP Samsung berikut ini yuk!

Screenshot atau tangkapan layar adalah salah satu fitur yang sudah lazim ada di berbagai smartphone. Soalnya ini adalah fitur yang sering dibutuhkan orang, contohnya buat me-screenshot informasi penting yang nggak sengaja mereka lihat di internet dan lainnya.

Jajaran smartphone Samsung juga sudah mengantongi fitur ini. Fitur screenshot-nya juga dibagi jadi dua yakni screenshot biasa alias satu layar, dan screenshot panjang.

Model yang pertama saya yakin mayoritas sudah bisa. Tapi kalau screenshot panjang, nggak sedikit pengguna yang masih bingung cara pakainya.

Nah buat kamu yang masih bingung gimana cara screenshot panjang di HP Samsung, saya akan bagikan tutorialnya buat kamu.

Tapi biasanya walau sama-sama pakai smartphone Samsung, ada beberapa menu yang namanya beda (biasanya gara-gara versi One UI yang dipakai beda). Eits, kamu nggak perlu khawatir. Walau namanya agak beda, tapi intinya sama kok. Beda lagi kalau screenshot lewat iPhone atau HP merek lain, jelas caranya berbeda.

Sebagai contoh, saat bikin tutorial ini, saya menggunakan Samsung Galaxy A51 dengan One UI 3.1. Oke kalau begitu, mari langsung saja praktikkan langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Pengaturan di HP-mu.
  • Klik menu “Fitur Lanjutan.”
  • Selanjutnya klik “Gambar layar dan perekam layar.”
  • Pastikan bagian “Bilah alat gambar layar” aktif ya.
  • Sekarang buka website atau aplikasi yang mau kamu screenshot panjang.
  • Untuk membuat screenshot, tekan tombol volume bawah + Power bersamaan (tekan satu kali saja, nggak perlu ditahan).
  • Setelah ponsel berhasil me-screenshot, bakal muncul tampilan seperti ini.
  • Klik ikon panah bawah, lalu geser halaman ke bawah.
  • Tekan ikon panah bawah lagi untuk me-screenshot halaman yang ada di bawahnya.
  • Ulangi langkah tersebut sampai menurutmu cukup.

Selesai deh! Nanti setelah prosesnya selesai, gambar tersebut bakal otomatis tersimpan ke galeri. Kalau saya sih langsung masuk ke folder khusus tangkapan layar.

Baca Juga:  Samsung Galaxy Z Fold 4: Lebih Multitasking dan Ergonomis!

Gimana, gampang banget kan?