Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Punya Router Baru

Indri Penulis

Apa saja yang harus dilakukan saat punya router baru? Nggak perlu bingung. Kamu bisa langsung coba cara setting router baru ini.

Ada banyak alasan kenapa orang akhirnya memutuskan mengganti router-nya dengan yang baru. Biasanya entah untuk mendapat kecepatan yang lebih tinggi, jangkauan jaringan yang lebih baik, untuk menikmati fitur baru, atau untuk memastikan kompatibilitas maksimum dengan gadget terbaru.

popculture.id

Tapi untuk mendapatkan kinerja router terbaik, kamu perlu tahu cara setting router baru terlebih dulu. Untuk lebih jelasnya ini dia beberapa hal yang harus kamu lakukan saat punya router baru.

Temukan Posisi yang Tepat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan posisi router terbaik. Kamu bisa berlangganan penyedia internet tercepat dan menggunakan perangkat keras paling mutakhir dan kuat. Tapi semuanya bakal sia-sia kalau kamu meletakkan router di tempat yang salah.

Router nirkabel menggunakan gelombang radio yang bisa menjadi lemah oleh penghalang (misalnya dinding bata). Semakin lemah sinyak yang dapat dipancarkan, maka akan semakin lambat pula koneksi internet yang akan kamu terima di perangkat.

Sesuaikan Antena

Router model terbaru mendukung spesifikasi yang lebih canggih dan desain antena yang telah ditingkatkan, untuk menghasilkan kinerja yang lebih efisien.

Kalau router-mu memiliki antena internal, kamu harus meletakkannya dalam posisi β€˜yang sesuai dengan desainnya.’ Jangan pasang router-mu secara vertikal hanya karena terasa lebih pas kamu cepitkan di dalam rak.

Beda kalau router-mu punya antena eksternal. Kamu harus pastikan antena tersebut mengarah ke arah yang benar, untuk mengoptimalkan jangkauan dan juga kinerja. Mayoritas pengguna biasanya memposisikan antena menghadap ke atas. Tapi antan insinyur Wi-Fi Apple, Alf Watt, merekomendasikan untuk memposisikan antena tegak lurus satu sama lain (yakni menghadap ke atas dan yang lain menghadap ke luar).

Bikin Kata Sandi Wi-Fi

Mayoritas router dibekali dengan pengaturan keamanan dasar yangs udah ada. Mereka biasanya juga sudah memiliki kata sandi WiFi, yang harus kamu masukkan setiap kali kamu ingin menyambungkan perangkat ke internet.

Tidak seperti kata sandi router, kata sandi Wi-Fi berbeda-beda untuk setiap router, jadi kamu tidak perlu mengubahnya. Tapi kalau menurutmu kata sandi Wi-Fi tersebut masih lemah dan gampang dibobol, nggak ada salahnya untuk menggantinya. Selain itu, router biasanya menawarkan sejumlah metode enkripsi Wi-Fi yang berbeda. Tapi kalau kamu ingin yang terbaik, kamu bisa menggunakan opsi WPA2 yang konon nggak mudah diretas orang lain.

Nonaktifkan Akses Jarak Jauh

Remote Access atau Akses Jarak Jauh adalah fitur yang dipakai oleh administrator jaringan (atau siapapun) untuk mengakses kendali router dari jarak jauh melalui internet. Kalau kamu pengguna rumahan, fitur Remote Access bakal mubadzir dan mending dinonaktifkan saja.

Nah itu tadi beberapa cara setting router baru dan berbagai hal yang perlu kamu lakukan saat punya router baru. Selamat mencoba ya!

    %d blogger menyukai ini: