Tapi karena versi Mac terbaru saat ini adalah macOS Ventura 13, jadi saya akan bagikan cara sharing printer di macOS Ventura 13. Berikut ini langkah-langkahnya:
- Klik menu “Apple > System Settings.”
- Setelah itu klik “General” yang ada di sidebar.
- Scroll layar ke bawah dan klik menu “Sharing.”
- Selanjutnya aktifkan toggle “Printer Sharing.”
- Klik tombol “Info” yang ada di samping kanan layar.
- Di bawah menu Printer, klik printer yang ingin kamu bagikan.
- Sekarang klik tombol “+” di bawah daftar Users.
- Pilih pengguna dari “Users & Group,” yang mencakup semua pengguna Mac-mu.
- Pilih pengguna dari “Users Network or Group Network,” yang mencakup setiap orang di jaringanmu.
- Atau pilih orang dari kontakmu, buat kata sandi untuk orang tersebut, lalu klik tombol “Create Account.”
What’s Next?
Itu dia beberapa cara sharing printer termudah dan terlengkap dari saya. Kamu bebas mau pakai cara yang mana. Intinya kamu bisa pilih cara yang menurutmu paling gampang dan sesuai dengan perangkat milikmu.
Yah kalau kamu pakai laptop Windows 11, kamu tinggal pakai cara yang nomor dua. Terus kalau kamu pengguna Mac, kamu tinggal ikuti tutorial nomor 3.
Kalau kamu penasaran kenapa saya nggak bikin tutorial cara sharing printer untuk Windows 7 atau 8? Yah soalnya sekarang dukungan untuk Windows 7 dan 8 sudah resmi dicabut. Jadi mau nggak mau, orang-orang harus menggunakan versi Windows yang lebih baru seperti Windows 10 dan Windows 11. Makanya saya bikin tutorial versi Windows 10 dan Windows 11.
Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected].