Cara Stem Gitar Online Tanpa Aplikasi

google tuner

Pasti ada saatnya ketika kamu mau tuning gitar dengan tepat, tapi tidak ada alat atau aplikasi yang tersedia. Tenang, kini kamu bisa stem gitar online tanpa aplikasi.

Ya, memang kamu bisa menemukan aplikasi stem gitar di bursa, baik di App Store maupun di Play Store. Salah satunya dari pembuat gitar populer Fender, yaitu Fender Tune.

Tapi mungkin ada kalanya aplikasi seperti itu belum kamu download. Misalnya waktu habis ganti hape. Yah, bisa saja terlupa karena kamu install aplikasi yang lebih penting terlebih dulu.

Untungnya, kini Google memasang widget stem gitar di mesin pencarinya. Jadi hanya dengan bermodal browser kamu tetap bisa mendapat nada yang tepat untuk tiap string gitar milikmu.

Cara stem gitar online ini pun sangat mudah. Kamu tinggal cari “guitar tuner” di Google. Nanti akan muncul kotak dengan indikator nada di hasil pencarian.

Kamu bisa melakukannya baik di desktop maupun di smartphone dengan browser apapun.

Untuk bisa memakai tuning gitar di Google ini, kamu harus memberi ijin Google dan browser yang kamu pakai untuk menggunakan mikrofon (baik desktop maupun smartphone).

Jika sudah, maka alat stem ini akan menunjukkan animasi titik-titik yang bergerak seperti ombak (tanda mendengarkan). Kalau kamu memetik dawai gitar, seperti aplikasi stem lain, alat ini akan menunjukkan nadanya beserta indikasi apakah terlalu rendah, terlalu tinggi, atau sudah pas.

Nampaknya alat stem ini juga menunjukkan pitch atau oktaf dari nada bersangkutan, misalnya C2 (maaf kalau saya salah menyebutkan istilah musik ini).

Nah, jadi kalau kamu kepepet harus stem gitar, kamu tinggal lakukan secara online dengan alat dari Google ini. Lumayan sambil menunggu download aplikasi atau menunggu alat yang tepat.

%d blogger menyukai ini: