Ponsel Android Terselip Tapi Setelan Nada Dering Nonaktif? Hindari Dengan Tips Ini

cewek cakep

Kamu pernah mengalami ketika ponsel Android milikmu terselip atau hilang entah di mana, tapi begitu kamu misscall ternyata nada dering kamu setel kecil atau diam (silence / mute)? Sebal kan? Nah, dengan trik berikut ini kamu bisa menghindarkan hal tersebut.

Kejadian ponsel terselip memang umum terjadi. Kalau suara nada dering besar, kamu tinggal menelpon atau misscall, dan mencari suaranya. Tapi kalau volume ringtone kecil atau ponsel kamu silence, tentunya tidak akan terdengar nada deringnya. Jadi ya percuma saja.

Untungnya ada trik yang bisa membantu hal ini. Tepatnya trik untuk memulihkan volume nada dering ponsel atau memaksimalkan volume suara. Dengan begitu ketika kamu misscall, suara terdengar kencang.

magic meme

Cara Meningkatkan Volume Ponsel Hilang Dari Jauh

Untuk bisa melakukan hal ini, kita membutuhkan aplikasi IFTTT. IFTTT (If This Then That) adalah layanan otomatisasi dengan integrasi berbagai layanan. Aplikasi ini bekerja dengan membuat resep (disebut applet) yang berisi pemicu (trigger) di satu aplikasi dan reaksi di aplikasi yang lain.

Kamu bisa menuju ke situs IFTTT atau mengunduh aplikasi Android layanan itu (kamu harus pasang aplikasi IFTTT untuk trik ini). Kalau belum buat akun, silakan buat terlebih dahulu. Kalau sudah, mari kita mulai mengatur trik ini.

  1. Masuk ke My Applet (ikon paling kanan di bilah navigasi)
  2. Buat applet baru dengan tean tombol ‘+‘ di kanan atas.
  3. Saat melihat tulisan “if this then that”, tekan tombol ‘this‘ untuk membuat pemicu (trigger).
  4. Cari dan pilih Android SMS.
  5. Akan hadir beberapa pilihan pemicu di sana. Pilih ‘New SMS received matches search‘.
  6. Ketik kata yang jadi pemicu. Misalnya: maksimal.
  7. Kalau sudah, kamu akan bertemu tulisan “if this then that” lagi. Tekan tombol ‘that‘ untuk membuat reaksi.
  8. Cari dan pilih Android Device.
  9. Saat muncul pilihan tindakan reaksi, pilih ‘Set ringtone volume‘.
  10. Atur volume sesuai kebutuhan (100% adalah pilihan bagus).
  11. Kalau sudah, tekan ‘Finish’ untuk menyimpan applet tersebut.
    • Kamu bisa menyalakan notifikasi untuk ketika setiap tindakan berjalan.

menaikan volume ringtone ponsel lewat sms

Nah, kalau ponselmu terselip dan volume ringtone kecil atau kamu silent, kamu tinggal minta tolong teman mengirim SMS dengan kata kunci tadi. Tunggu sebentar, lalu kamu bisa minta temanmu menelpon atau misscall ponselmu itu. Ingat, aplikasi IFTTT harus ada di ponsel milikmu.

Karena suara nada dering sudah maksimal, kamu akan lebih mudah mencari suara dan menemukan ponsel yang hilang itu. Yah, kalau ternyata tidak ketemu dan benar-benar tidak ada, kamu bisa mencoba melacaknya dengan GPS dan Device Manager.

Yah, semoga tips di atas bisa membantu ketika ponsel Android kesayanganmu terselip atau hilang. Terutama kalau sebelumnya kamu mengatur nada dering dengan volume kecil atau malah di-mute. Selamat mencoba.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: