Punya HP Vivo tapi bingung bagaimana caranya cek garansi Vivo? Tenang saja, kamu tidak perlu lagi kebingungan, karena kami akan memberikan tutorial lengkap untuk cara cek garansi Vivo yang mudah dan pastinya aman.
Nah, perlu kamu ketahui bahwa cek garansi Vivo ini bisa dibilang sangat penting untuk berjaga-jaga siapa tahu ada kesalahan teknis di HP Vivo yang baru kamu beli. Selain itu, cek garansi Vivo ini juga bisa menjadi salah satu bukti bahwa HP Vivo yang kamu beli adalah HP Vivo resmi dan asli.
Jika ternyata kamu baru beli HP Vivo dan tidak bisa klaim garansi di Vivo, bisa jadi garansinya sudah habis atau memang itu adalah HP Vivo palsu. Untuk itu, kamu harus tahu beberapa cara cek garansi Vivo yang telah kami buatkan tutorialnya di bawah ini.
- Alasan Pentingnya Mengetahui Garansi HP Vivo
- Langkah-Langkah Cara Cek Garansi Vivo
- Tips Memanfaatkan Garansi Vivo
- FAQ: Pertanyaan Umum Seputar Garansi Vivo
- 1. Bagaimana Cara Mengecek Garansi Vivo Saya?
- 2. Apa Saja yang Ditanggung oleh Garansi Vivo?
- 3. Berapa Lama Masa Garansi Vivo?
- 4. Bisakah Saya Mengklaim Garansi Tanpa Kartu Garansi?
- 5. Apakah Saya Harus Membayar Saat Mengklaim Garansi?
- 6. Bagaimana Jika Saya Membeli Vivo dari Luar Negeri?
- 7. Dapatkah Saya Menggunakan Garansi Jika Ponsel Saya Terkena Air?
Alasan Pentingnya Mengetahui Garansi HP Vivo

Saat membeli barang elektronik, termasuk HP seperti Vivo pasti memiliki risiko yang namanya kerusakan teknis. Kerusakan ini memang biasanya error atau gagal produksi. Untuk menanggulanginya, hampir semua merek HP ternama, salah satunya Vivo, pasti memberikan garansi resmi untuk mengganti spare part dari kerusakan tersebut.
Dengan catatan bahwa memang kerusakan terjadi disebabkan dari pihak produksinya, ya, bukan dari kesalahan pengguna. Nah, selain alasan tadi, masih ada beberapa alasan penting lainnya kenapa kamu harus tahu cara cek garansi Vivo. Yuk, lihat alasannya di bawah ini:
- Perlindungan dari Kerusakan Pabrik: Garansi Vivo menyediakan jaminan terhadap kerusakan atau cacat produksi. Dengan mengetahui informasi garansi, kamu dapat memanfaatkannya untuk melakukan klaim perbaikan atau penggantian unit jika ditemukan masalah teknis yang bukan disebabkan oleh pengguna.
- Hemat Biaya Perbaikan: Kalau ada kerusakan seperti pada poin pertama yang kami sebutkan tadi maka biasanya klaim garansi perbaikan tidak akan membuatmu mengeluarkan biaya sehingga kamu bisa lebih berhemat.
- Menjamin Kualitas Pelayanan: Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pelayanan perbaikan dari teknisi profesional, bahkan kamu bisa mendapatkan spare part asli sehingga kualitasnya pun lebih terjamin.
- Nilai Jual Kembali: Jika HP Vivo kamu memiliki klaim garansi yang bersih, aman dan asli maka nilai jual dari HP Vivo tersebut biasanya lebih stabil karena pembeli berikutnya akan merasa lebih aman dan terjamin dengan kondisi HP Vivo bekas yang dia beli.
Nah, dari keempat alasan tersebut bisa kita simpulkan bahwa memang cek garansi Vivo itu sangat penting bukan dari segi pergantian spare part saja, namun ada faktor nilai jual yang lebih stabil. Jadi, jangan hiraukan soal garansi ini, ya.
Langkah-Langkah Cara Cek Garansi Vivo
Oke, setelah kamu mengetahui betapa pentingnya mengetahui cara cek garansi Vivo, sekarang kita mulai tutorial untuk cek garansinya. Tidak sulit kok, selama kamu tahu IMEI dari HP Vivo maka cek garansi pun bakal lebih mudah. Dan, tentu saja cara cek garansi Vivo ini dijamin aman, ya, karena melibatkan situs resmi dari Vivo.
1. Pertama, kamu buka aplikasi telepon di HP Vivo. Lalu, kamu ketik atau telepon nomor *#06#, boleh pakai SIM 1 atau SIM 2, sama saja.

2. Setelah itu akan muncul nomor IMEI SIM 1 dan SIM 2. Nah, kamu hanya perlu catat IMEI di SIM 1 saja, ya.

3. Selanjutnya, sekarang kamu buka aplikasi web browser. Kemudian, kamu kunjungi situs Vivo resmi, yaitu https://www.vivo.com/id/support/IMEI untuk mengecek IMEI dan garansi HP Vivo.

4. Setelah masuk ke dalam situs resmi Vivo tadi, silakan langsung masukkan nomor IMEI yang tadi kamu simpan ke dalam kolom.
5. Jika sudah memasukkan nomor IMEI-nya, jangan lupa beri tanda ceklis bahwa kamu menyetujui akan melakukan pengecekan IMEI. Kemudian, klik Kirim.

6. Lanjut, sekarang kamu hanya perlu masukkan kode verifikasi seperti yang tertera pada gambar di bawah ini. Lalu, klik Kirim lagi.

7. Nah, selesai, kini kamu bisa lihat tanggal garansi HP Vivo lengkap dengan tanggal, bulan, dan tahunnya.

Cara cek garansi Vivo ini sangat mudah dan pastinya aman, karena kamu mengeceknya lewat situs resmi dari Vivo. Jadi, pastikan kamu selalu mengecek garansi lewat situs resmi Vivo jangan situs lainnya, ya. Apakah kamu berhasil mencoba cara ini?
Tips Memanfaatkan Garansi Vivo

Nah, seperti yang kita tahu bahwa kehadiran garansi pada HP Vivo ini bukan sekedar memberikan pelayanan dan jaminan perbaikan saja, ya. Ada beberapa alasan penting kenapa kita harus tahu cara cek garansi Vivo. Tapi, bagaimana dengan memanfaatkan garansinya? Kami punya beberapa tips agar kamu bisa memanfaatkan garansi Vivo secara maksimal:
- Pahami Syarat dan Ketentuan Garansi: Sebelum mengklaim garansi, kami sarankan untuk baca dan pahami dulu syarat serta ketentuan yang berlaku. Kamu bisa mengetahuinya lewat buku panduan yang biasanya ada dalam boks pembelian HP Vivo. Bagaimana jika tidak memilikinya? Gampang, kamu hanya perlu kunjungi situs resmi Vivo soal klaim garansi. Dengan mengetahui syarat dan ketentuannya maka kamu bisa mengetahui jenis kerusakan apa saja yang ditanggung oleh garansi.
- Simpan Bukti Pembelian dan Kartu Garansi: Setelah memahami dan membaca terms and conditions dari garansi, pastikan kamu selalu menyimpan bukti pembelian dan kartu garansi HP Vivo dengan baik. Bukti pembelian atau kartu garansi ini bisa dibilang sebagai jaminan bahwa benar HP Vivo kamu memiliki garansi resmi yang masih berlaku.
- Cek Status Garansi Secara Berkala: Jika kamu tidak yakin apakah garansi HP Vivo kamu masih berlaku atau tidak, sebaiknya kamu cek status garansi tersebut secara berkala dengan mengikuti tutorial yang kami berikan di atas. Jika ternyata kamu masih memiliki garansi, bisa langsung siapkan syarat-syarat klaim garansi jika memang diperlukan.
- Gunakan Layanan Pusat Service Resmi: Dan yang paling penting, kamu harus selalu memastikan bahwa garansi diklaim ke pusat layanan resmi Vivo. Pasalnya, pusat layanan resmi dari Vivo akan menjamin teknisi profesional dengan suku cadang original sehingga HP Vivo yang diperbaiki pasti terjamin kualitasnya.
- Laporkan Kerusakan Secepatnya: Tips lainnya, jika kamu mulai mengalami kendala atau merasa sudah ada kerusakan pada HP Vivo, jangan tunda untuk melaporkan kerusakan tersebut ke pihak Vivo. Pasalnya, semakin cepat kamu melaporkannya, semakin cepat pula proses perbaikannya.
- Jaga Kondisi Smartphone: Meskipun HP kamu memiliki garansi, tetap jaga jaga kondisi HP Vivo kamu dengan baik, ya. Kamu juga harus ingat bahwa klaim garansi ini hanya bisa dilakukan jika memang ada kerusakan yang disebabkan oleh gagal produksi bukan karena kelalaian dari pihak pengguna.
Nah, jika kamu mengikuti semua tips yang kami berikan tadi, dijamin kamu bisa lebih aman dan nyaman dalam memanfaatkan garansi dari Vivo. Namun, pastikan kamu sudah membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh pihak Vivo, ya.
FAQ: Pertanyaan Umum Seputar Garansi Vivo
Mungkin kamu masih punya beberapa pertanyaan terkait cek garansi Vivo, dan kami sudah mernagkum pertanyaan umum sekaligus jawabannya di bawah ini:
1. Bagaimana Cara Mengecek Garansi Vivo Saya?
Untuk mengecek garansi Viv, kunjungi situs resmi Vivo atau gunakan aplikasi VivoCare. Masukkan nomor IMEIHP Vivo, dan kamu bisa cek masa garansi HP Vivonya.
2. Apa Saja yang Ditanggung oleh Garansi Vivo?
Garansi Vivo umumnya mencakup kerusakan pabrik atau cacat produksi. Jika kerusakan disebabkan oleh kelalaian pengguna, seperti kecelakaan, jatuh, atau terkena air maka kerusakan tidak bisa diklaim oleh garansi Vivo
3. Berapa Lama Masa Garansi Vivo?
Masa garansi untuk HP Vivo biasanya berlaku selama 12 bulan dari tanggal pembelian, sedangkan aksesori seperti charger dan headset memiliki masa garansi 6 bulan. Namun, masa berlaku ini bisa berubah sesuai dengan ketentuan pihak Vivo.
4. Bisakah Saya Mengklaim Garansi Tanpa Kartu Garansi?
Ya, bisa. Kamu bisa mengklaim garansi tanpa kartu garansi asalkan kamu masih memiliki bukti pembelian yang sah dan nomor IMEI yang bisa diverifikasi.
5. Apakah Saya Harus Membayar Saat Mengklaim Garansi?
Tidak, kamu tidak harus membayar untuk perbaikan atau penggantian yang ditanggung oleh garansi. Namun, jika kerusakan di luar cakupan garansi, biasanya memang ada biaya tambahan.
6. Bagaimana Jika Saya Membeli Vivo dari Luar Negeri?
Garansi Vivo mungkin berbeda tergantung pada negara pembelian. Disarankan untuk memeriksanya ke pusat layanan Vivo terdekat untuk kebijakan garansi internasional.
7. Dapatkah Saya Menggunakan Garansi Jika Ponsel Saya Terkena Air?
Garansi standar Vivo tidak mencakup kerusakan akibat cairan. Tapi di beberapa model mungkin menawarkan garansi tambahan untuk kerusakan air yang mana garansi tersebut bisa kamu beli secara terpisah.
Nah, itu dia berbagai informasi terkait garansi HP Vivo. Jadi bisa disimpulkan bahwa memang sangat penting untuk kamu mengetahui cara cek garansi HP Vivo karena manfaatnya sangat bagus untuk jaminan pelayanan serta kualitas perlindungan HP Vivo yang kamu beli.
Kalau kamu punya cerita tentang pengalaman melakukan klaim garansi Vivo atau terkait garansi HP Vivo, silakan tulis ceritanya di kolom komentar, ya.