Snapdragon 8+ Gen 1 & Snapdragon 7 Gen 1 Siap Tenagai Ponsel Android

Indri Penulis

Qualcomm akhirnya resmi meluncurkan chipset anyar Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset ini hadir bersama dengan Snapdragon 7 Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset unggulan Qualcomm yang rilis tahun lalu. Nggak butuh waktu lama setelah rilis, langsung muncul gosip yang mengatakan kalau Qualcomm bakal mendebutkan ‘saudara’ Snapdragon 8 Gen 1, yakni Snapdragon 8+ Gen 1 (berkaca pada Snapdragon 888 yang punya versi yang lebih ditingkatkan bernama Snapdragon 888+).

Sekarang ada chipset terbaru Qualcomm dengan tambahan plus pada namanya. Tak sendiri, chipset tersebut juga datang bersama dengan Snapdragon 7 Gen 1. Seperti fitur dan keunggulan mereka berdua? Mari kita lihat.

Chipset Snapdragon 8+ Gen 1

Kalau boleh dibilang, Snapdragon 8+ Gen 1 nggak terlalu membawa banyak revolusi. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, varian Plus cuma menawarkan peningkatan kinerja kecil dan efisiensi daya yang lebih baik. Tapi karena chipset ini dibuat menggunakan proses manufaktur 4nm TSMC, ini akan menghadirkan beberapa keuntungan menarik.

Chipset flagship ini dibekali fitur CPU Qualcomm Kyro yang lebih baik, dengan core utama Cortex-X2 dan clock 3.2Ghz, 3 core kinerja Cortex A710 dengan clock 2.8GHz, dan 4 core efisiensi Cortex A510 dengan clock 2.0GHz.

Qualcomm sendiri mengklaim bahwa CPU pada chipset terbarunya ini 10% lebih cepat dari yang ada di versi sebelumnya. Chipset anyar ini juga menawarkan efisiensi daya CPU 30% lebih bagus.

chipset snapdragon 8+ gen 1

Selain CPU, GPU Adreno yang dipakai chipset baru ini juga menawarkan kecepatan clock 10% lebih cepat dan pengurangan konsumsi daya sampai 30%. Qualcomm AI Engine Gen-7 pada chipset ini juga menawarkan kinerja per watt 20% lebih baik dari pendahulunya.

Snapdragon 8+ Gen 1 juga menawarkan berbagai fitur gameplay yang diperkuat. Misalnya seperti Snapdragon Elite Gaming, responsibilitas super halus, HDR lebih kaya warna dengan kualitas visual tertinggi, dan kemampuan tingkat desktop.

Dalam hal kamera, chipset ini turut memboyong teknologi Snapdragon Sight. Teknologi ini mendukung perekaman video HDR 8K dan bisa menangkap dalam format HDR10+ dengan lebih dari 1 miliar warna.

Untuk spesifikasi lainnya, ada Spectra 680 ISP dan modem Snapdragon X65 5G (sama seperti saudaranya). Bedanya kali ini Qualcomm telah membuat satu peningkatan kecil pada fitur konektivitas. Chipset ini tidak menggunakan Bluetooth 5.2 seperti saudaranya, melainkan sudah mendukung Bluetooth 5.3 yang lebih kencang.

Lalu apa saja perangkat yang akan memakai chipset baru Qualcomm ini? Menurut keterangan resmi di situs Qualcomm, Snapdragon 8+ Gen 1 akan mentenagai perangkat terbaru ASUS ROG, Black Shark, HONOR, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, OPPO, OSOM, realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE. Diperkirakan perangkat pertama yang pakai chipset ini akan debut pada Q3 2022.

Chipset Snapdragon 7 Gen 1

Selain meluncurkan chipset di atas, Qualcomm juga turut menghadirkan Snapdragon 7 Gen 1. Prosesor ini menghadirkan pilihan fitur dan teknologi kelas atas yang dibutuhkan orang-orang seperti game mobile epic, konektivitas berkecepatan tinggi, hiburan cerdas dan pengambilan gambar luar biasa.

Apa yang menarik dari Snapdragon 7 Gen 1? Jelas fiturnya. Chipset ini menawarkan fitur Snapdragon Elite Gaming seperti Adreno Frame Motion Engine (bisa gandakan framerate sampai pertahankan konsumsi daya), GPU Adreno dengan rendering grafis 20% lebih cepat, dan Quad HD+ Display.

Snapdragon 7 Gen 1 juga dibekali Qualcomm Spectra triple ISP yang mendukung pemotretan dari 3 kamera sekaligus / mengambil foto pada 200MP. Chipset ini juga memungkinkan perekaman 4K HDR, bisa menghasilkan foto dengan kontras, ketajaman, dan realisme ‘another level.’

Chipset ini juga mendukung fitur hiburan cerdas seperti Qualcomm AI Engine Gen-7 yang memungkinkan Deep Learning Face Detect. Ada juga fitur keamanan seperti Trust Management Engine dan Android Ready SE yang memprioritaskan keamanan serta perlindungan informasi pengguna.

Terakhir soal konektivitas. Chipset ini mendukung 4th Gen Snapdragon X62 5G Modem-RF System, termasuk FastConnect 6900 yang menghasilkan WiFi dan Bluetooth lebih cepat.

Sementara itu Snapdragon 7 Gen 1 akan diadopsi oleh OEM dan merek global seperti HONOR, OPPO (gosipnya OPPO Reno 8) dan Xiaomi. Qualcomm mengatakan kalau perangkat pertama dengan Snapdragon 7 Gen 1 akan hadir pada Q2 tahun 2022.

    %d blogger menyukai ini: