Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Ciri-ciri iPhone dengan Performa yang Diperlambat Oleh Apple

Indri Penulis

Akhir tahun 2018 lalu, menjadi momen terkuaknya aktivitas mengejutkan yang dilakukan oleh Apple. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut, ketahuan melakukan modifikasi performa iPhone lama milik pengguna.

Bahkan dalam pernyataan resminya, Apple meminta maaf dan menjelaskan jika perlambatan tersebut dilakukan sehubungan dengan umur baterai, yang diperkirakan sudah tidak bisa menangani arus tinggi.

popculture.id

Apple juga mengatakan bahwa mereka menggunakan pembaharuan software, untuk membantu memperpanjang umur baterai di beberapa smartphone.

Beberapa smartphone yang sempat mendapat perlambatan adalah iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, serta iPhone 7 Plus.

Apple mengklaim jika langkah ini bisa membantu menghindarkan smartphone, dari kondisi mati mendadak yang tidak terduga. Hal ini juga bisa melindungi smartphone itu sendiri.

Namun di sisi lain, dampak ini akan bisa merugikan pengguna. Terlebih smartphone mereka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk meluncurkan aplikasi, serta melakukan fungsi lainnya.

Kabar tersebut sontak mengejutkan banyak pengguna iPhone, terlebih bagi pengguna iPhone yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Sebagai permintaan maaf, Apple berjanji akan memberi potongan harga bagi pengguna iPhone 6 ke atas, yang ingin mengganti baterai smartphone milik mereka.

Selain itu, pada tahun ini Apple berencana untuk memberikan pembaharuan software, dan memberikan fitur baru. Fitur tersebut akan memberitahu pengguna, apakah iPhone mereka sudah terkena perlambatan performa atau belum.

Lalu apakah smartphone iPhone kalian saat ini terkena dampak perlambatan dari Apple? Sembari menunggu fitur baru di atas, maka kalian bisa memeriksa iPhone secara manual menggunakan cara di bawah ini:

Sumber Gambar : Wccftech

Perkirakan Umur iPhone

Perlambatan pada iPhone akan berdampak pada smartphone generasi lama, yang sudah digunakan setidaknya selama satu tahun.

Apabila kalian membeli iPhone baru, dan ternyata mempunyai performa yang lebih lambat dari perkiraan, maka jangan ragu untuk membawa kembali iPhone tersebut ke Apple atau penjual. Sebab bisa jadi ada masalah tersendiri pada iPhone tersebut.

Menurut Apple, setidaknya ada tujuh tanda bahwa baterai yang aus bisa menyebabkan perangkat lunak Apple memperlambat iPhone.

Pertama, jika waktu peluncuran aplikasi lebih lama, maka tutup paksa aplikasi tersebut dan buka ulang. Lalu lihatlah, apakah mereka membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk restart atau tidak.

Selain itu, lihat apakah layar terlihat patah-patah saat kalian menggulir halaman situs dan homescreen atau tidak. Perlambatan biasanya juga ditandai dengan layar smartphone yang tidak lagi menyala terang, walaupun sudah diatur maksimal.

Speaker iPhone yang tiba-tiba tidak nyaring lagi, kemudian penurunan angka frame bertahap dalam beberapa aplikasi, juga menandakan bahwa iPhone tersebut mengalami perlambatan oleh Apple.

Sementara untuk kasus yang paling ekstrem adalah, lampu kilat kamera akan dinonaktifkan seperti yang ada pada interface kamera.

Tanda yang terakhir adalah, aplikasi yang di-refresh pada latar belakang, mungkin membutuhkan pemuatan ulang ketika diluncurkan. Padahal biasanya aplikasi tersebut selalu refresh otomatis walaupun sedang tidak digunakan.

[irp posts=”65307″ name=”Inilah 6 Alasan Orang Lebih Memilih iPhone Daripada Android”]

Lakukan Pemasangan Ulang Sistem Operasi

Apabila kalian memiliki waktu untuk mencadangkan data, maka cobalah untuk memasang iOS ulang untuk melihat bagaimana kinerja iPhone.

Namun yang perlu diingat adalah, jangan mengembalikan cadangan data terlebih dahulu. Coba jalankan tes bechmark Geekbench untuk melihat seberapa cepat iPhone.

Apabila skor menunjukkan angka standar, maka bisa jadi ada hal yang salah dalam data iOS kalian. Hal tersebut mungkin juga menjadi penyebab gawai menjadi lambat.

Ketahui Usia Baterai

Sebenarnya memang tidak ada cara untuk mengetahui informasi seberapa tua dan aus baterai, terlebih dalam menu-menu yang ada dalam iOS.

Namun terdapat sebuah aplikasi di komputer Mac dan Windows, yang bisa memberi tahu seberapa banyak siklus pengisian ulang yang dilakukan oleh baterai iPhone. CoconutBattery dan iMazing adalah dua contoh diantaranya.

Ganti Baterai

Apabila sudah melakukan semua cara di atas namun iPhone kalian justru lebih lambat dari seharusnya, maka untuk mengembalikan performa iPhone kalian harus mengganti baterai.

    %d blogger menyukai ini: