4 Ciri Smartphone Android Terkena Virus

smartphone-lemot

Berbicara soal smartphone, barang elektronik yang satu ini memang sudah tak bisa lepas lagi dari kebutuhan sehari-hari, hampir semua orang yang memiliki smartphone selalu memabawanya kemana-mana.

Setiap tahunnya, semakin banyak orang yang menggunakan smartphone, sehingga produksi setiap tahunnya pun terus meningkat.

Namun peningkatan penggunaan smartphone ini rupanya juga dapat memberikan dampak negatif, yaitu terjadi pula peningkatan yang konsisten dalam jumlah serangan malware atau virus terhadap smartphone tanpa diketahui pemiliknya.

Serangan virus terhadap smartphone tentu akan menimbulkan berbagai masalah, hingga hal yang terburuk adalah data pribadimu bisa saja dicuri.

Untuk dapat menghindari serangan malware yang begitu ganas, sebelumnya kamu harus mengetahui gejala-gejala yang muncul jika smartphone-mu terkena virus.

Ini dia ciri-ciri smartphone yang terkena virus.

Sering muncul pop-ups

Sumber Gambar : Riaume.com

Ciri pertama yang perlu kamu curigai adalah sering munculnya pop-ups atau iklan. Jika smartphone-mu sering mengalami hal tersebut bahkan ketika smartphone tidak lagi digunakan, berarti itu tandanya smartphone-mu sudah terserang malware atau adware.

Biasanya iklan yang muncul akan mengarahkanmu menuju situs web yang mencurigakan, dan secara otomatis tanpa kamu sadari, kamu sudah menginstal aplikasi dengan adware di perangkatmu.

Jadi jika banyak iklan yang tiba-tiba muncul di smartphone, sebaiknya jangan asal klik iklan tersebut.

Kamu juga harus mengingat beberapa aplikasi terakhir yang baru saja kamu install, selain itu kamu juga harus melihat mana kira-kira aplikasi yang membawa adware ke dalam smartphone-mu.

Jika kamu sudah menemukan aplikasi yang berbahaya, segeralah uninstall aplikasi tersebut.

Pemakaian data internet yang mendadak sangat tinggi

Sumber Gambar : Kompas Tekno

Jika tiba-tiba kamu merasa kuota internetmu cepat habis dan tidak seperti biasanya, hal terbesar penyebabnya adalah, karena smartphone-mu sudah terkena virus jahat.

Virus tersebut akan menggunakan sumber data internetmu untuk menampilkan iklan atau untuk mengirimkan informasi secara diam-diam.

Kamu perlu mengecek aplikasi apa saja yang menggunakan kuota internet terlalu banyak atau tidak wajar di smartphone-mu. jika sudah ketemu jangan pernah ragu untuk menghapus aplikasi tersebut.

Baterai cepat habis

Sumber Gambar: teknosaurus.com

Baterai smartphone yang dengan sangat cepat habis memiliki dua kemungkinan buruk, yaitu bateraimu bisa saja bocor, atau memang smartphone-mu sudah terkena virus.

Jika kamu merasa baterai smartphone-mu tidak bocor, maka besar kemungkinan smartphone-mu sudah terinfeksi virus berbahaya.

Segeralah buka pengaturan dan buka bagian baterai di smartphone-mu untuk dapat melihat aplikasi apa saja yang menghabiskan baterai paling banyak.

Dan jika kamu menemukan beberapa aplikasi yang tidak begitu sering kamu gunakan dan terus menyala sehingga menghabiskan baterai, maka segeralah uninstall aplikasi semacam itu.

Muncul aplikasi asing

Sumber Gambar : konsultanonline.com

Untuk gejala yang satu ini adalah gejala yang paling umum ditemukan ketika smartphone-mu terkena virus .

Malware atau virus bisa saja masuk ke smartphone melalui aplikasi yang telah kamu install. Dan jika malware tersebut sudah masuk ke dalam smartphone-mu, maka mereka dengan sangat mudah akan memperbanyak diri atau berkembang biak.

Salah satu ciri umum yang biasa kamu temukan adalah, dengan munculnya aplikasi yang tidak kamu kenali atau kamu tidak pernah sama sekali menginstall aplikasi tersebut.

Itu dia beberapa gejala yang biasa kamu temukan di dalam smartphone yang terkena virus, jika salah satu gejala di atas terdapat di smartphone-mu, maka berhati-hatilah.

Ada komentar?