Cloud Castle: Membangun Kota di Angkasa

Anom Penulis

Ada satu game yang cukup lumayan di Windows Phone. Namanya Cloud Castle. Game ini merupakan sebuah game strategi membangun kota (walau di store dimasukkan dalam kategori aksi/petualangan). Yang unik, setting pembangunan kota ini ada di angkasa, bukan di daratan.

Kalau dari segi permainan, sebenarnya game ini cukup mirip Animal Park Tycoon atau Tiny Death Star buatan LucasArts. Intinya kita akan membangun dan mengatur kota dengan produksi barang dan jual belinya.

Di Cloud Castle, kita akan disediakan sebuah bidang di angkasa untuk membangun bisnis di kota kita ini. Produk dari bisnis itu akan dijual di toko yang ada. Nantinya, akan ada penduduk yang datang untuk membeli barang-barang itu. Produknya beragam, mulai dari alat bekerja, senjata, dan pakaian.

Produk tersebut akan dihasilkan dengan jumlah tertentu dalam waktu tertentu. Masalah ini cukup menarik sehubungan dengan demand and supply yang berlangsung. Kita bisa mengatur alur penjualan di toko dengan mengunci barang tertentu, sehingga barang tersebut tidak dijual.

Untuk bisa berproduksi, diperlukan bahan bakar yang berupa batu bara. Batu bara ini bisa kita tambang untuk mengisi stok. Untuk memenuhi stok kita perlu beberapa kali mengisinya (dengan tap dan tahan tombol merah). Kalau sudah penuh, bahan bakar ini bisa bertahan beberapa jam lamanya.

Oya, saya belum menjelaskan kenapa barang yang dijual harus diatur. Selama permainan berlangsung, akan ada tugas-tugas yang akan kita penuhi. Biasanya tugas itu seputar memenuhi jumlah barang tertentu, atau membangun sesuatu.

Kalau kita berhasil memenuhi tugas itu, kita akan mendapat bintang yang akan menambah experience kita. Nantinya kita bisa naik level, dan kita bisa membangun bisnis baru. Experience juga bisa kita dapat dari tap pohon-pohon yang akan muncul di sekitar castle.

Aduh, saya sudah terlalu cerewet ngobrolin gameplay-nya. Lalu bagaimana kesan soal game ini? Jujur, sebenarnya tidak ada hal baru yang ditawarkan oleh game Cloud Castle ini. Kalau yang tidak suka game model ini bisa bosan. Tapi game jenis ini memang seperti itu. Sama seperti game tycoon lain. Toh, di sisi lain, game model endless run juga mirip-mirip. Jadi kembali ke masalah selera. Tapi tampilan atau sudut pandang dari game Cloud Castle ini cukup layak dicoba. Yah, variasi dari game strategi yang biasanya tampak dari atas.

Game Cloud Castle ini bisa didapat secara gratis di store. Game ini bekerja di Windows Phone 8, dimainkan offline, dan besar file-nya cuma 11MB. Haa… Ngga ada salahnya nyoba kan?

    %d blogger menyukai ini: