Fitur Pesan Teks Clubhouse “In-Room Chat” Resmi Hadir di Aplikasi iOS

Indri Penulis

Clubhouse resmi meluncurkan fitur pesan teks “In-Room Chat,” yang memungkinkan pengguna menulis pesan teks di ruang obrolan.

Clubhouse adalah platform media sosial yang terkenal dengan fitur audio room-nya. Sesuai namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna mengobrol di ruang obrolan berbasis suara. Tidak ada ruang audio berbasis teks seperti media sosial lainnya.

Seiring berjalannya waktu, fitur audio room Clubhouse jadi sangat populer. Makanya nggak heran kalau fitur tersebut ditiru berbagai media sosial lain, salah satunya Twitter dengan fitur Space-nya.

Nggak mau berdiam diri begitu saja, Clubhouse juga berbalik ingin meniru fitur media sosial lain yakni pesan teks. Tahun lalu mereka digosipkan tengah mengembangkan fitur pesan teks yang bernama “Backchannel.” Sayangnya, fitur tersebut cepat-cepat dihapus Clubhouse dan nggak pernah ada kabar sampai pergantian tahun 2022.

Nah menariknya di bulan Februari 2022 ini, Clubhouse tanpa ba-bi-bu langsung meluncurkan fitur pesan teks bernama “In-Room Chat.” Untuk sementara ini, fitur tersebut baru diluncurkan di aplikasi Clubhouse versi iOS.

Bagaimana cara kerja In-Room Chat? Fitur tersebut punya cara kerja yang mirip dengan Zoom atau Skype. Pada dasarnya kamu bisa mengobrol di dalam ruang audio secara langsung, tapi dengan menggunakan teks. Jadi kalau malu ngomong, kamu bisa pakai fitur ini untuk menulis pesan teks.

Walau kesannya pengguna bisa mengirim pesan sepuasnya di ruang obrolan, tapi In-Room Chat nggak sebebas itu lho. Moderator audio room berhak menghapus pesan teks jika dianggap kurang pantas dibaca.

Host juga dapat menghapus pesan teks kapan pun, bahkan setelah sesi obrolan berakhir. Host juga bisa mematikan obrolan teks kapan pun, jika terbukti nggak produktif atau mengganggu.

Menariknya, host juga bisa mengaktifkan sebuah mod untuk mengawasi ruang obrolan dan menghapus pesan yang dianggap tidak pantas lho. Maklum saja, kalau audio room tersebut diikuti oleh ratusan atau ribuan orang, pasti tugas memoderasi komentar obrolan bakal sangat merepotkan. Setuju nggak?

Oya, peserta obrolan juga dibekali kemampuan khusus lho. Peserta bisa melaporkan komentar dalam obrolan dan memberikan umpan balik kepada moderator. Dengan begitu, obrolan teks akan aman dari troll. Peserta juga bisa menghapus komentar mereka selama sesi obrolan berlangsung/saat sudah selesai.

Audio room yang mengaktifkan fitur obrolan teks bisa dikenali dengan munculnya ikon khusus di sudut kiri bawah layar. Ketika sesi obrolan berakhir, semua pesan teks yang dikirim selama sesi akan tetap tersedia dan bisa dibaca siapa pun yang mendengarkan Replay.

    %d blogger menyukai ini: