Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Coba Tampilan Baru Windows 11 Tanpa Install

Anom Penulis

Apa kamu penasaran mencoba tampilan baru Windows 11 tapi malas install? Hm, untungnya kamu bisa melakukannya.

Memang nggak salah kalau kamu penasaran. Karena Windows 11 menghadirkan beberapa fitur baru yang unik dan berbeda dari generasi sebelumnya, juga memberikan pengalaman penggunaan tersendiri.

Yang paling mencolok tentu saja letak Start Menu yang ada di tengah. Di samping itu, Microsoft juga menambahkan fungsi Widget yang muncul dari sisi kiri.

Yah, kalau kamu mau mencoba Windows 11 seutuhnya, kamu memang harus melakukan instalasi (silakan cek spesifikasi minimal PC). Entah melalui program Insider atau memasang dari ISO versi Beta. Tapi mungkin tidak semua orang mau install sistem operasi yang belum resmi rilis alias belum seutuhnya berjalan baik (masih ada bugs, dll).

Lalu bagaimana kalau kita mau mencoba penampilan baru Windows 11 tanpa install? Ada simulasi di internet yang memberikan kesempatan untuk ini. Kamu bisa menuju ke situs win11.blueedge.me.

Tentu, karena hanya berupa simulasi yang berada di dalam browser, kamu tidak bisa memanfaatkan semua fungsi nyata Windows 11. Tapi paling tidak kamu bisa mencoba beberapa fitur.

coba windows 11 tanpa install

Kamu bisa melihat bagaimana Start Menu baru dan panel Widget bekerja. Lalu kamu juga bisa membuka panel Search, Windows Store, browser Edge, Notification Center, panel Calendar, juga Calculator. Termasuk juga pengaturan jendela aplikasi yang baru.

Tapi, sekali lagi, hanya sebatas melihat tampilan visual.

Beberapa fitur atau aplikasi lain belum menampilkan apa pun. Misalnya kalau kamu buka File Explorer, kamu hanya akan menemukan tulisan “Coming Soon.” Aplikasi lain tidak bisa kamu klik atau mengarah pada aplikasi di Windows 10 (seperti Mail). Dark Mode juga tidak tersedia (karena Setting tidak bisa dibuka).

Ya, mungkin memang bukan cara yang tepat untuk mencoba Windows 11. Tapi kalau kamu sekedar ingin merasakan tampilan barunya, simulasi ini cukup memberi gambaran. Apalagi kamu bisa mencobanya tanpa install Windows 11.

Nah, silakan coba kalau memang penasaran.