Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Fitur Collection di Browser Microsoft Edge Memudahkan Simpan Hasil Pencarian

browser microsoft edge

Penambahan Fitur Collection di Browser Microsoft Edge bukanlah merupakan produk besar. Produk ini menjadi istimewa karena bahkan Google pun belum melengkapi Chrome browser dengan fitur tersebut.

Memang sih Chrome sudah memiliki fitur Bookmark, tapi apa itu sudah cukup? Menurut Microsoft belum. Dari itu Microsoft melihat sebuah celah untuk menyaingi Chrome dengan menambahkan Fitur Collection di Broswer Edge milikinya.

popculture.id

Apa Itu Fitur Collection? Bedanya Dengan Bookmark?

Fitur Collection merupakan fitur yang memungkinkan user untuk membuat kategosisasi atau koleksi yang bisa diakses secara offline. Bukan hanya berupa link, Collection mampu menyimpan gambar, seleksi teks, bahkan menambahkan catatan.

Dalam hal ini Bookmark jelas masih ketinggalan. Alih-alih simpan gambar, bookmark malah mengharuskan para user menggunakan internet untuk memanggil isi dari bookmarknya.

Jadi intinya, fitur Collection yang dimiliki Browser Microsoft Edge bisa meng-cover semua pekerjaan yang dimiliki fitur Bookmark Google Chrome.

Misalnya ketika kamu sedang mencari tutorial mau masak apa besok pagi, atau konsep desain seperti apa buat rumah idaman? Kamu bisa mulai cari referensi resep dan desain dari sekarang.

Hasil dari pencarianmu bisa langsung kamu simpan dan golongkan di Collection sesuai kategori koleksi. Lalu enaknya ketika saatnya tiba, kamu tinggal akses tanpa harus cari-cari ulang.

Kemudian kamu juga tidak akan diribetkan lagi dengan koneksi buruk karena hasil penelusuran tadi sudah tersimpan secara offline. Keajaiban fitur ini akan sangat terasa ketika sumbermu menghapus kontennya, seakan punya referensi limited bukan?!

Cara Menggunakan Fitur Collection Microsoft Edge

Setelah melalui pengantar dan kenalan dikit sama Fitur Collection Browser Microsoft Edge, selebihnya kita tinggal belajar tentang cara menggunakan fitur Collection. Berikut step-stepnya:

  1. Buka Browser Edge, cari referensi
  2. Pencet logo Collection di sebelah kanan atas
  3. Create New Collection
  4. Kasih judul dan Save (gambar tutorial pakek judul UrbanDigital.id)
  5. Klik “Add Current Page” untuk simpan full page

Jika kamu hanya ingin menyimpan beberapa teksnya saja atau salah satu gambarnya saja, kamu bisa ulang step 1 sampai 4. Selanjutnya kamu bisa langsung Blok Text atau Klik Kanan Gambar yang ada Page dan tambahkan ke koleksi.

Logo fitur Collection di sebelah kanan atas tidak selalu muncul ya. Bisa jadi ketika kamu baru menggunakan Browser Edge mungkin secara default fitur ini masih belum aktif. Jika begitu kamu perlu setting terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan Collection di Edge:

  1. Klik tombol titik tiga di pojok kanan atas
  2. Masuk ke Settings
  3. Pilih Apprearance
  4. Scroll ke bawah cari “Collection Button” dan aktifkan

Demikian penjelasan ajaibnya Fitur Collection di Browser Microsoft Edge yang tidak dimiliki browser lain terutama Chrome. Sisanya, silahkan action sendiri ya sesuai tutorial.

Informasi tambahan, Browser Microsoft Edge memiliki deretan fitur lain yang menurut saya cukup seru dan patut kamu coba. Nih tinggal kepoin di post sebelumnya Fitur Browser Microsoft Edge.

    %d blogger menyukai ini: