Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Comicana: Baca Komik di Windows Phone

Anom Penulis

Kamu suka baca komik? Ingin selalu bisa baca komik di mana pun? Mau aplikasi untuk baca komik di Windows Phone milikmu? Coba aplikasi satu ini. Comicana. Membaca komik jadi lebih asik. (harap baca paragraf di atas dengan suara ala iklan :p)

Fitur Comicana

  1. Mendukung file CBR, CBZ, dan CB7
  2. Navigasi yang mudah dengan panduan area sentuh
  3. Mendukung SD card
  4. Mendukung Kids Corner, dan pengaturannya
  5. Pin komik ke start screen
  6. Orientation lock
  7. Download dari SkyDrive

Seperti aplikasi pembaca komik lain, Comicana juga mendukung file comic book archive yang umum seperti yang disebut di atas. Komik yang dibaca di Comicana juga bisa di zoom agar lebih mudah dibaca (double tap atau pinch out). Walau posisi baca bisa diubah (vertikal dan horizontal), Comicana juga memberikan fasilitas orientation lock. Jadi kalau kita baca komik sambil tidur-tiduran, kita nggak repot sama posisi ponsel.

popculture.id

Dari segi pengalaman penggunaan, saya pribadi merasa agak kurang puas dengan aplikasi ini. Agak kurang intuitif. Bisa dilihat di gambar di atas skema wilayah yang bisa di tap. Sungguh disayangkan, aplikasi ini tidak mendukung gestur swipe untuk mengganti halaman. Kalau bisa seperti itu pasti bakal lebih ciamik.

Karena basisnya comic book archive, Comicana bekerja mirip seperti ebook reader. Komik yang ingin kita baca di-download terlebih dahulu. Download dari mana? Aplikasi ini tidak memberikan sumber. Jadi lebih baik memang download di komputer, baru dipindah ke ponsel. Kita bisa menggunakan SkyDrive, atau copy dengan SD card.

Ada beberapa hal yang perlu dibahas mengenai penggunaan SD card. Pertama, karena adanya masalah dalam performa, kita tidak bisa membaca komik langsung dari SD card. Kita tetap harus menyimpannya lagi ke memory ponsel (di aplikasi ini) untuk membacanya. Memang agak repot.

Tapi paling tidak, opsi SD card ini membantu penyimpanan. Kalau sudah selesai dibaca, hapus saja komik dari ponsel. Sementara masih ada file-nya di SD card. Kedua, kalau kamu memindah komik dari Mac (yang merupakan sistem berbeda dengan Windows), akan terlihat folder sistem tambahan di SD card kamu. Bukan masalah besar, tapi cukup mengganggu.

 

Yang menarik, Comicana ini mendukung Kids Corner. Kita bisa meletakkan komik yang bisa untuk semua umur di Kids Corner, sedangkan komik dewasa tidak di-share ke sana. Kita juga bisa mengatur apakah di Kids Corner bisa men-download atau berbagi. Hehehe, contoh di gambar di atas ini memang bukan contoh yang baik (The Hedge Knight bukan komik anak-anak. Yah, seperti karangan George R.R. Martin lain). Tapi paling tidak bisa memberi gambaran prosesnya.

Aplikasi Comicana ini bisa didapat secara gratis di WIndows Phone Store Indonesia. Comicana bekerja di Windows Phone 8. Nah, buat kamu penggemar komik, silakan menuju link download di bawah ini.

    %d blogger menyukai ini: