Crash of Cars: Tabrak Musuh dan Kumpulkan Mahkota

crash of cars

Crash of Cars adalah sebuah game real-time multiplayer dengan tujuan mengumpulkan mahkota sebanyak mungkin dan bertahan selama mungkin. Seperti namanya, hal itu dilakukan dengan menghancurkan mobil pemain lain.

Nama game ini mungkin mengingatkan kamu pada sebuah game populer lain, Clash of Clans. Pilihan nama yang cukup pintar, dan memang sesuai dengan permainannya.


Game Sejenis: Battle Bay: Game PvP Seru dari Rovio


Gameplay Crash of Cars

Kamu akan memasuki arena (yang berganti di tiap permainan), dan memperebutkan mahkota yang tersebar di sana. Tidak ada batas waktu. Yang membatasi hanyalah life points mobil.

Kalau mobil kita hancur, permainan selesai, dan mahkota yang kita dapatkan akan dihitung. Dari jumlah mahkota itu, kita bisa mendapat koin dan kesempatan untuk membeli mobil baru dari vending machine. Mirip seperti mendapat karakter baru di Crossy Road.

Selain mahkota, di dalam arena juga terdapat kotak bonus berisi senjata. Ada meriam, ranjau, roket, dll. Saat naik level, kamu juga akan membuka senjata baru (tetap didapat dari kotak bonus). Tentunya, senjata ini berguna untuk mengalahkan musuh.

gameplay crash of cars

Mobil yang hancur akan mengeluarkan mahkota yang sudah dikumpulkan. Jadi, carilah musuh dengan jumlah mahkota banyak, tapi dengan status health yang hampir habis.

Game Crash of Cars dimainkan online. Tentu saja karena berhubungan dengan pemain lain. Di samping single player, kamu juga bisa bermain bersama teman-teman.

Gameplay Crash of Cars memang cukup seru. Untuk kamu yang kompetitif, menghancurkan mobil pemain lain dan bersaing mendapatkan mahkota akan memuaskan. Tapi saya pikir secara keseluruhan, gameplay ini masih bisa ditingkatkan lagi.

Tampilan Crash of Cars

Crash of Cars memiliki desain tampilan khas game ringan masa kini. Desain karakter mobil dan lingkungannya memiliki unsur kotak-kotak. Berbeda dengan game berat seperti Asphalt. Walau begitu, desain mobil beserta senjata yang ada tetap bagus.

Yah, tidak jelek, tapi juga tidak istimewa. Di atas rata-rata.


Baca juga: 12 Game Mobile Paling Populer dan Berpengaruh


Kontrol Crash of Cars

Cara mengontrol mobil di game ini cukup sederhana. Tekan layar sebelah kanan bawah untuk belok kanan, dan tekan layar sebelah kiri untuk belok kiri. Sedangkan untuk mundur, tekan keduanya.

Di awal permainan akan muncul ikon tombol sebagai panduan. Namun, tombol ini akan hilang untuk memberikan tampilan permainan yang lebih lega.

kontrol crash of cars

Senjata yang kamu dapat dari kotak bonus akan muncul di sisi kanan layar. Tekan gambar senjata itu untuk menggunakannya. Kamu hanya bisa mendapat dan menggunakan satu senjata dalam tiap kesempatan.

Kontrol game ini cukup sensitif. Mungkin kamu membutuhkan beberapa waktu sampai terbiasa dengannya. Terutama kalau tiba-tiba ada mahkota moncul di samping, atau ada mobil musuh yang meledak. Kalau jaraknya berdekatan, perlu beberapa kali manuver untuk bisa mengumpulkannya (kalau belum diambil pemain lain atau kita ditabrak).

Pengalaman Bermain

Dari sisi performa, game ini cukup baik. Sebagai gambaran, saya menggunakan handphone Moto E3 Power dengan Android 6.0 Marshmallow untuk memainkan game ini. Keluar dari game dan masuk lagi lewat app switcher, tidak mengganggu.

Saya ingin memberi sedikit komentar soal gameplay sehubungan dengan pengalaman bermain. Di atas, saya sudah menyebutkan kalau game ini bisa ditingkatkan lagi.

koleksi mobil crash of cars

Kalau kamu termasuk orang yang berambisi duduk di tangga pemain terbaik, maka sekedar mengumpulkan mahkota sudah cukup. Tapi kalau tidak, permainan ini bisa cepat membosankan.

Terutama karena mobil cukup cepat hancur. Yah, bisa juga setelah mengumpulkan mahkota cukup banyak (sambil menghindar mobil musuh), terjun ke jurang sampai permainan selesai. Jadi mahkota tidak direbut musuh.

Saya pikir, kalau ada pilihan permainan lain akan menarik. Misalnya ada batas waktu, tapi mobil bisa pulih lagi saat hancur (hanya mahkota yang terbuang). Dengan begitu, kita bisa lebih terpacu mengumpulkan mahkota, dan mengejar mobil musuh.

Bisa juga ditambahkan sistem klan alias MOBA. Mobil kita dan teman-teman — misalnya berwarna sama — melawan tim musuh. Memperebutkan mahkota dengan batas waktu.

Mungkin kalau menambah gameplay seperti itu akan menambah besar ukuran game. Tapi keasikannya juga akan bertambah.


Baca juga: Tips Bermain Zombie Tsunami yang Layak Diketahui


Jadi secara keseluruhan, game Crash of Cars memang seru dan menarik. Hanya saja, masih kurang menggigit. Toh kalau untuk sekedar seru-seruan, bolehlah game ini dimainkan.

Game Crash of Cars bisa didapat baik untuk Android dan iPhone. Silakan unduh dari tautan di bawah ini untuk mencobanya. Selamat Bertempur!

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK IOS