Daftar Layanan untuk Membuat Website Gratis Tanpa Repot

Membuat website tidak melulu harus ngoding. Kalian bisa gunakan layanan berikut untuk membuat website gratis tanpa perlu ngoding.

Saat ini keberadaan website sangat penting dalam dunia internet. Kita dapat mencari informasi atau berbelanja melalui website.

Maka tidak heran jika banyak orang tertarik untuk membuat website. Dari sekedar untuk menyalurkan hobi, sampai membuat website untuk berjualan.

Kalau kamu butuh yang sedikit instan, sudah banyak layanan untuk membuat website dengan gratis dan mudah. Kalian tinggal daftar, pilih desain, dan fokus pada isis website. Tidak perlu terlalu berpikir teknis.

Sumber Gambar : Dreamkatcha

Berikut ini saya rekomendasikan beberapa layanan website gratisan yang dapat kalian coba:

WordPress.com

Siapa yang tidak mengenal WordPress? Ini adalah platform populer yang banyak digunakan orang untuk membuat website.

Sebenarnya ada dua jenis WordPress, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. WordPress.org adalah versi premium, sedangkan WordPress.com merupakan versi free.

Kalian bisa membuat website dengan mudah menggunakan WordPress.com yang gratis. Setidaknya ada berbagai template yang bisa dipilih untuk mendesain website.

WordPress.com cocok buat kalian yang sekedar hobi nulis artikel. Jika ingin website untuk jualan, maka saya sarankan untuk menggunakan versi premium saja.

WordPress.com tidak menyajikan fitur kustomisasi secara lengkap. Kalian tidak bisa menambah plugin pada website.

Tidak hanya itu, pilihan tema dalam WordPress.com juga hanya itu-itu saja. Versi gratisan ini tidak cocok untuk kalian yang suka bereksplorasi terhadap web design.

Kunjungi Website

Wix.com

Wix berbeda dengan WordPress.com yang membatasi pengguna bereksplorasi. Disini kalian bisa mengasah kemampuan desain web dengan lebih leluasa.

Meski layanan gratisan, namun Wix menyajikan tema berkelas dan elegan. Kalian bisa gunakan Wix untuk membuat portofolio atau blog.

Untuk mengatur tatanan website, kalian cukup drag and drop elemen satu per satu. Dengan begitu, kalian bisa menciptakan website yang benar-benar sesuai selera.

Sayangnya jika koneksi internet kalian lambat, maka penggunaan Wix akan terhambat. Apalagi saat akan posting artikel, secara tiba-tiba website akan reload dengan sendirinya.

Kunjungi Website

Weebly.com

Weebly sebenarnya memiliki karakteristik serupa dengan Wix. Untuk menggunakan layanan ini, kalian hanya perlu drag and drop elemen website.

Kalian bisa membuat website jualan menggunakan Weebly. Tidak hanya itu, Weebly juga bisa untuk membuat website portofolio maupun blog.

Tapi jika untuk keperluan jualan, saya sarankan untuk menghubungkan website dengan domain. Dengan begitu, pengunjung bisa mengakses URL dengan mudah.

Sayangnya Weebly tergolong layanan web gratisan yang berat. Saya pribadi sering mengalami kendala saat menggunakan Weebly, apalagi jika koneksi internet sedang tidak stabil.

Agar bisa menggunakan Weebly dengan lancar, kalian perlu koneksi internet yang baik. Jika tidak, siap-siap untuk kehabisan stok kesabaran nantinya.

Kunjungi Website

Webnode.com

Webnode ibarat perpaduan antara Blogspot, WordPress dan Wix. Kalian cukup drag and drop elemen untuk mendesain website.

Layanan ini bukan cuma situs CMS gratisan. Tapi kalian juga bisa berkreasi dengan Gadgets HTML dan Widgets HTML.

Webnode menyajikan fasilitas Bookmark dan Tagging. Layanan ini juga memiliki Automatic SEO, agar mudah ditemukan Search Engine.

Webnode menyajikan 40 template yang bisa diganti sesuka hati. Menariknya, pengguna juga bisa meng-import template pribadi dari komputer.

Namanya gratisan pasti memiliki kekurangan. Webnode free tidak mendukung toko online, sebab bandwidth sangat terbatas.

Layanan gratisan ini hanya cocok untuk website portofolio dan blog. Jika ingin membuat website toko online, maka harus beralih ke versi premium.

Kunjungi Website

Jimdo.com

Kalian bisa menemukan berbagai template menarik di Jimdo. Selain itu, kalian juga bisa meng-impor gambar dari komputer untuk dijadikan background, header, dll.

Jimdo tidak terlalu berat seperti Weebly. Tapi kalian akan kesulitan ketika posting banyak artikel dalam website.

Jimdo tidak menyediakan page khusus untuk posting artikel seperti di WordPress. Kalian harus drag and drop bagian judul, badan artikel, hingga gambar.

Karena tidak praktis, jadi menurut saya layanan ini tidak cocok untuk website jualan. Jimdo lebih cocok untuk membuat website portofolio atau blog biasa.

Kunjungi Website

Carrd.co

Carrd adalah solusi untuk kalian yang ingin membuat website responsive gratisan yang sederhana. Hal ini karena semua tools yang ada di dalam Carrd sangat mudah digunakan.

Platform ini menawarkan membuat website jenis one-page. Jadi hanya satu halaman saja. Walau begitu, kamu tetap bisa menampilkannya dengan cantik.

Tentunya kalian tidak bisa mengakses semua tools dalam Cardd versi gratisan. Untuk mengakses semua tools, kalian bisa membayar $19/tahun.

Carrd sangat cocok untuk pemula atau yang sekedar butuh etalase kecil (portofolio). Hal ini karena model website yang bisa dibuat adalah one-page (satu halaman). Kamu tidak perlu repot memikirkan banyak konten.

Kunjungi Website

More Stories
5 Klub Sepak Bola Paling Keren di Game Football Manager yang Wajib Kamu Coba!