Teknologi AI Deep Nostalgia Bikin Foto Bergerak Kayak di Harry Potter

Gambar: MyHeritage

Kamu ingin melihat foto lama kakek nenekmu bergerak seperti foto di dunia Harry Potter? Sekarang bisa. Bahkan foto bergerak hasil layanan Deep Nostalgia dari MyHeritage ini meramaikan Twitter pada akhir bulan Februari 2021.

Memang, jaman sekarang bikin “foto bergerak” sudah mungkin. Ada teknik yang disebut cinemagraph. Lalu beberapa smartphone sudah menyediakan fitur seperti ini. Misalnya iPhone dengan Live Photo atau Samsung Motion Photo.

Layanan Deep Nostalgia dari MyHeritage memungkinkan foto dari kamera apa pun, termasuk foto lama, bisa bergerak. Tidak hanya satu bagian kecil. Tapi posisi kepala, mata yang melirik dan berkedip, atau tersenyum pun mungkin terjadi.

Deep Nostalgia memanfaatkan teknologi AI dari D-ID untuk mengolah foto-foto tersebut. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunggah foto ke halaman layanan tersebut.

Karena foto-foto lama memiliki resolusi kecil, MyHeritage juga mengolahnya dengan Photo Enhancer, yang membuat gambar kabur menjadi lebih fokus dan tajam. Dengan begitu memungkinkan hasil animasi berkualitas tinggi.

Teknologi AI juga akan memutuskan gerakan yang sesuai dengan posisi wajah secara otomatis. Tapi kalau mau, kamu juga bisa menentukan jenis animasi dari pilihan yang ada. Hm, asik nih buat coba-coba.

MyHeritage menyebutkan kalau proses menganimasikan foto itu akan memakan waktu antara 10 – 20 detik. Bisa lebih lama kalau ada gerakan yang lebih kompleks. Kalau sudah selesai, kamu tinggal menyimpan atau membaginya.

Tentu saja, warganet dunia segera mencoba denga berbagai hal, termasuk foto lukisan, patung, dll. Hasilnya ada yang lucu dan ada yang agak menyeramkan. Lihat saja hashtag #DeepNostalgia di Twitter. Hehehe.

%d blogger menyukai ini: