Desktop Baru Apple “Mac Studio” Rilis dengan Chip M1 Max & M1 Ultra

Indri Penulis

Apple mengumumkan komputer desktop terbaru “Mac Studio.” Komputer Mac Studio ini hadir dengan chip M1 Max dan M1 Ultra terbaru.

Acara tahunan Apple Event “Peek Performance” akhirnya selesai dengan perilisan beberapa produk seperti iPhone SE 2022, varian warna baru untuk iPhone 13 dan iPhone 13 Pro, iPad Air 2022, pengenalan chip M1 Ultra. Acara tersebut resmi diakhiri dengan pengumuman soal Mac Studio.

Mac Studio adalah komputer desktop Apple terkuat saat ini. Mac Studio hadir dengan ukuran lebih besar agar sesuai dengan prosesor yang dipakainya, yakni Apple M1 Max dan M1 Ultra terbaru.

Nah kira-kira segila apa spesifikasi dari komputer desktop Mac Studio? Kita lihat bareng-bareng yuk.

Spesifikasi Mac Studio M1 Max dan M1 Ultra

Seperti yang saya sebutkan tadi, Mac Studio hadir dalam dua versi. Yakni Mac Studio dengan prosesor M1 Max, dan Mac Studio dengan prosesor terkuat Apple M1 Ultra.

Model Mac Studio dengan M1 Max memiliki CPU 10-core, GPU 24-core dan Neural Engine 16-core. Sementara varian M1 Ultra hadir dengan jumlah core ganda yakni CPU 20-core, GPU 48-core dan Neural Engine 32-core. Masing-masing chipset juga memiliki memori terpadu 64GB atau 128GB, serta penyimpanan SSD 7,4GB/s 1TB, 2TB, 4TB atau 8TB.

Kalau urusan kinerja, Apple menjelaskan kalau Mac Studio M1 Ultra punya kinerja CPU hingga 90% lebih baik daripada Mac Pro dengan prosesor Xeon 16-core, dan 60% lebih cepat daripada Max Pro 28-core. Sedangkan dari segi grafis, Mac Studio 80% lebih cepat dibanding GPU Mac tercepat yang  tersedia saat ini.

Masih ada lagi, Apple juga mengklaim kalau Mac Studio M1 Ultra dengan memori terpadu 128GB, bisa memutar ulang hingga 18 streaming video 8K 4:2:2 ProRes secara bersamaan.

Kita tinggalkan soal performanya, sekarang lanjut ke tampilan dan fitur-fitur lainnya. Mac Studio punya tinggi 9,5 cm dan lebar 19,7 cm, menjadikannya sangat portabel untuk ukuran komputer desktop. Mac Studio juga punya berat cuma 2,7kg atau 3,6kg (tergantung chipset yang dipakai).

Mac Studio dibuat dengan bingkai aluminium yang sangat kuat. Apple juga membekali komputernya itu dengan sitsem termal yang menggunakan kipas di bagian atas mesin. Fungsinya yakni untuk menyedot udara dingin dari ventilasi di bagian bawah, kemudian udara dingin tersebut akan melewati seluruh sistem dan keluar lewat bagian belakang.

Bicara soal bagian belakang, Mac Studio memiliki port yang lengkap. Ada empat port USB-C Thunderbolt 4 dengan kecepatan transfer data masing-masing 40Gbps, Ethernet 10 Gbit, dua port USB-A, satu HDMI, jack audio 3,5mm, dan konektor daya.

Sementara di bagian depan, Mac Studio dengan prosesor M1 Max memiliki dua port USB-C 10Gbps dan slot kartu SDXC UHS-II. Sedangkan Mac Studio dengan prosesor M1 Ultra hadir dengan dua Thunderbolt 4 USB-C sebagai gantinya. Kedua model sama-sama telah dibekali speaker terintegrasi.

Dengan beberapa port yang dimilikinya, pengguna dapat menyambungkan hingga lima layar ke Mac Studio (empat layar hingga 6K 60Hz lewat Thunderbolt USB-C, dan satu layar 4K hingga 60Hz lewat HDMI).

Mac Studio dengan M1 Max dibanderol dengan harga $1.999. Sementara Mac Studio dibanderol dengan harga lebih mahal yakni $3.999.

    %d blogger menyukai ini: