Demi Calon Buah Hati, Hindari Beberapa Alat Elektronik Ini Saat Hamil

Janin yang ada dalam kandungan sangat rentan. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu hamil hindari beberapa alat elektronik demi keselamatan janin.

Perkembangan teknologi membuat orang tidak bisa dipisahkan dari alat elektronik. Hal ini karena semua kegiatan membutuhkan alat elektronik.

Bagi ibu hamil, penggunaan alat elektronik secara berlebih bisa membahayakan janin. Sebaiknya bumil meminimalkan penggunaan alat elektronik selama 9 bulan mengandung.

Beberapa riset memang belum menyimpulkan kaitan alat elektronik dan kehamilan. Namun efek jangka panjang yang ditimbulkan tetap harus diperhatikan.

Tindakan pencegahan dianggap cukup berhasil demi mengurangi resiko radiasi. Berikut ini beberapa alat elektronik dan gadget yang perlu dihindari ibu hamil:

Laptop

Sumber Gambar : LG

Apakah pekerjaan kalian menuntut penggunaan laptop atau komputer? Sebenarnya hal ini tidak masalah selama penggunaan tidak melewati batar wajar.

Penggunaan laptop terlalu berlebihan sangat berbahaya untuk kandungan. Terlebih jika laptop digunakan ibu hamil dengan cara dipangku.

Suhu panas dari laptop dapat membahayakan janin. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya ibu hamil memanfaatkan meja saat menggunakan laptop.

Perhatikan juga postur tubuh serta jarak laptop dengan perut. Dengan begitu, suhu panas dari laptop tidak akan sampai ke janin.

Headset Bluetooth

Sumber Gambar : Bukapalak

Headset Bluetooth adalah gadget yang paling nyaman digunakan. Tapi frekuensi radio headset Bluetooth setara dengan gelombang mikro.

Gadget ini bahkan bisa menarik radiasi langsung ke otak melalui telinga. Walau hal ini masih diperdebatkan, namun lebih baik ibu hamil menghindarinya dulu.

Microwave

Sumber Gambar : Harvey Norman

Ibu-ibu di rumah banyak memiliki Microwave. Alat ini menjadi kebutuhan wajib bagi ibu-ibu yang gemar mengeksplorasi kemampuan memasak.

Microwave bekerja menggunakan radiasi elektromagnetik untuk menaikkan suhu makanan. Radiasi tersebut menciptakan medan elektromagnetik (EMF).

EMF diduga dapat membuat janin memiliki berat badan rendah dan cacat lahir. Selain itu, ibu hamil sebaiknya juga menghindari makanan yang dimasak dalam Microwave.

Memanaskan makanan di piring atau mangkuk plastik ke Microwave sangat berbahaya. Sebab tempat plastik mengandung unsur kanker Bisphenol A (BPA).

Router WiFi

Sumber Gambar : Linksys

Sinyal WiFi memang tidak secara langsung mempengaruhi kesehatan. Tapi penggunaan WiFi menjadi pengecualian terhadap ibu hamil.

Secara ilmiah janin memiliki lapisan otak dan tengkorak lebih tipis. Hal ini menyebabkan janin sangat rentan terhadap radiasi gelombang mikro dibanding orang dewasa.

Smartphone

Sumber Gambar : Sehati

Smartphone menjadi benda yang sangat sulit dipisahkan dari manusia. Sebab saat ini semua kegiatan bisa dilakukan melalui smartphone.

Beberapa riset mengemukakan penggunaan ponsel terlalu berlebih dapat membuat si kecil jadi hiperaktif. Hal ini juga berdampak pada pengolahan emosi dan sikap si kecil.

Ibu hamil tidak perlu takut menggunakan smartphone. Kalian hanya perlu mengurangi waktu penggunaan, dan jangan dekatkan ponsel dengan perut.

More Stories
Doraemon: Nobita no Bokujou Monogatari, Game Baru dari Nintendo