Dengarkan Playlist Musik dengan Loco Music Player

Anom Penulis

Mungkin beberapa waktu terakhir ini, saat bicara tentang music player di Windows Phone, saya sering berpihak pada Zbox. Sebenarnya memang cukup banyak music player yang menarik. Salah satunya–mungkin ada yang sudah pakai–adalah Loco Music Player.

Aplikasi player musik ini, merupakan player yang cukup unik. Loco mengkhususkan diri pada memainkan playlist musik di Windows Phone. Untuk sekedar memainkan musik seperti biasa memang bisa. Namun sebagai pemutar playlist, Loco lebih enak dan sesuai digunakan.

Tampilannya–menurut saya–sedikit terlihat ramai. Tapi fungsional, tidak sekedar estetika semata. Toh desain tampilan Loco Music Player tetap enak dilihat. Baik bidang kontrol maupun menu di atas.

Loco juga bekerja mirip seperti Zbox, yaitu memanfaatkan gestur. Untuk mengganti antara tampilan cover art besar dan daftar lagu playlist, cukup tap cover lagu. Untuk beralih antara player dan file manager, tap logo Loco di kiri atas. Untuk berpindah antar lagu di tampilan cover besar, swipe kanan-kiri. Lalu, masih di tampilan cover besar, untuk mengecilkan dan membesarkan volume, gunakan gestur pinch (cubit).

Untuk menyusun playlist, caranya tidak terlalu berbeda dengan aplikasi musik lain. Add playlist, pilih lagu, dan jangan lupa disimpan dan diberi nama. Kalau mau mendengarkan playlist tertentu, ya masuk saja ke file manager. dari sana ada banyak pilihan folder, termasuk OneDrive.

Loco Music Player punya beberapa pilihan pengaturan yang asik. Bisa mencegah lock screen aktif, menunjukkan status bar aktif atau tidak, mengaktifkan animasi logo, dll. Kita juga bisa memilih theme aplikasi ini. Di contoh yang ada, saya pakai theme Xbox.

Menarik memang melihat aplikasi dengan penggunaan yang khusus. Loco Music Player berfungsi dengan sangat baik sesuai konsepnya. Sayangnya, aplikasi musik yang bekerja di Windows 8.1 ini belum tersedia di region Indonesia. Padahal gratis. Jadi kalau kita menggunakannya dan ingin mendukung sang developer dengan membeli aplikasinya, ya agak susah. Eniwei baswei, kalau mau mencoba ya silakan.

    %d blogger menyukai ini: