aplikasi google dengan material design 2

Membayangkan Desain Aplikasi Google Baru Dengan Material Design 2

Tahun ini Google melakukan banyak perubahan dari sisi desain untuk berbagai layanan dan aplikasinya. Desain terbaru ini sering disebut sebagai Material Design 2. Sebuah video hadir sebagai usaha membayangkan aplikasi Google baru yang menggunakan desain tersebut.

Gaya Material Design terbaru ini menghadirkan tampilan aplikasi yang lebih bersih, lebih bersahabat untuk konten, lebih teratur, dan lebih tidak kaku. Beberapa aplikasi Google sudah mulai menerima perubahan desain ini. Misalnya aplikasi web Gmail, browser Chrome (Canary channel / tahap awal perkembangan), dan di Android P (tahap pengembangan).

tampilan gmail baru
Tampilan Gmail yang baru

Seperti disebut di atas, ada dua orang yang membayangkan aplikasi Google baru dengan Material Design 2 tersebut dan membuatnya sebagai sebuah video. Adam Grabowski dan Nicolo Bianchino, walau bukan karyawan Google, sudah tidak asing dengan hal ini. Mereka berdua pernah bekerja sama untuk membuat video untuk divisi desain Google di masa lalu.

Di video yang tampil ceria ini, mereka menunjukkan elemen dasar perubahan, termasuk layout, font baru Google Sans, warna, ikon, dan animasi. Perubahan itu berdasarkan panduan Material Design yang ada. Kemudian mereka menampilkan perbandingan desain saat ini dengan desain imajinasi mereka (Google Search, Google Photos, Gmail, Google Maps, Google Drive) dan penggunaannya di aplikasi desktop atau web.

perubahan desain aplikasi google baru
Perubahan desain berbagai aplikasi Google

Melihat mockup desain aplikasi Google ini, ada kesan tersendiri yang muncul. Terlihat begitu putih dan — ahem — sedikit iOS. Lihat saja peletakan judul, tombol, dan ujung thumbnail yang membundar. Yah, kalau mau adil, desain seperti ini sebenarnya sudah mulai muncul di Windows Phone beberapa tahun yang lalu (tapi jauh lebih sederhana).

Bukan berarti desain seperti ini jelek. Kalau memang benar akan seperti ini, penampilan aplikasi Google memang terlihat lebih bagus. Apalagi beberapa animasi dalam aplikasi (gerakan tombol, dll) memang lebih keren.

Tentu saja, karena ini hanya sebatas mockup desain, aplikasi Google baru yang benar-benar menggunakan Material Design 2 belum tentu seperti ini. Tapi melihat reaksi pengguna Android di internet, kelihatannya banyak yang suka dengan desain baru ini.

Nah, silakan lihat video mockup desain aplikasi Google baru dengan Material Design 2 di bawah ini. Apakah kamu menyukainya? Atau lebih suka dengan desain lama (yang ada saat ini)?

More Stories
ASUS Zenfone 6 Resmi Rilis dengan Kamera Flip-top