Di Balik Layar Feedback Windows Insider

windows insider feedback

Windows 10 sudah dirilis. Sedangkan Windows 10 Mobile masih dikembangkan. Seiring dengan itu, program Windows Insider berjalan. Melalui Insider, pengguna diberi kesempatan untuk mencoba sistem operasi, dan memberikan saran atau laporan kesalahan. Pada kesempatan ini kami ingin mengajak pembaca untuk mengintip di balik layar feedback Windows Insider.

Feedback Windows Insider dilakukan melalui aplikasi Feedback. Semua masukan yang ada, diterima dan dievaluasi setiap hari oleh tim feedback Windows. Di samping tim feedback, semua tim di Windows juga bisa mengakses data tersebut–baik saran, upvote, dan survey–untuk menganalisis dan meresponnya.

Tampilan feedback

Setiap kategori yang ada di aplikasi Feedback terhubung dengan sistem diagnosa untuk tim yang bersangkutan. Jadi kalau seorang Insider melaporkan masalah di kategori Action Center, maka laporan itu akan disertakan dengan diagnosa sistem yang akan diterima oleh tim yang bekerja untuk Action Center.

Hal yang sama juga berlaku untuk saran dan laporan dengan jumlah upvote yang banyak. Hal itu akan menentukan apa saja yang menjadi prioritas dari tim bersangkutan. Karena tidak semua kategori, atau saran dan masukan mendapat jumlah upvote yang banyak, sistem upvote ini juga membantu membagi perhatian tim.

Selain kategori dan upvote, salah satu variabel yang digunakan dalam menganalisis data feedback adalah teks. Analisis yang ada mirip dengan cloud tag di blog. Frasa yang kerap muncul akan lebih terlihat dibanding dengan yang jarang.

awan kata project spartan
Awan kata kunci Project Spartan

Di sini, tim feedback menggunakan internal web reporting tool yang disebut Gestalt. Dengan sistem ini, mereka bisa menyaring feedback yang masuk dalam berbagai variabel. Misalnya versi build, perangkat bergerak vs PC, model perangkat, bahasa, Fast Ring vs Slow Ring, dll.

Sehubungan dengan anggota program Insider internasional, tim feedback menggunakan Bing Translator untuk menerjemahkan secara otomatis agar segera mudah dipahami. Pengguna dari berbagai bahasa ini pun dipetakan. Dengan demikian terlihat apa yang menjadi perhatian dari pengguna yang menggunakan bahwa tersebut. Bahasa di sini juga mencerminkan wilayah pengguna.

Build 10080 berdasar bahasa pengguna
Build 10080 berdasar bahasa pengguna

Anggota Program Windows Insider sudah tersebar dari penjuru dunia. Disebutkan, hanya tinggal 4 negara yang belum ada anggota program tersebut. Seperti dilihat di gambar di atas, Indonesia masih masuk 20 besar.

Itulah sedikit informasi di balik layar feedback Windows Insider. Kalau kalian sudah menjadi anggota Windows Insider, gunakan aplikasi feedback sebaik mungkin agar fitur yang diminta bisa segera hadir, atau kesalahan yang ada bisa segera diperbaiki.

windows insider logo

More Stories
uptune aplikasi check sound
Uptune: Aplikasi Untuk Cek Suara Panggung