Digfender: Game Tower Defense ini Seru!

Game tower defense merupakan salah satu sub genre game strategi yang banyak disukai. Belum lama ini, Digfender hadir menambah koleksi game tower defense di Windows Phone. Game ini merupakan perkembangan selanjutnya dari game Castlemine.

Boleh dibilang game Digfender ini cukup unik dibanding game tower defense biasanya (seperti Siegecraft Defender). Seperti di Castlemine, di game Digfender ini, musuh berada di bawah tanah. Kita harus menggali tanah dan menempatkan menara pertahanan di berbagai titik strategis untuk mengalahkan serangan musuh.

Pada dasarnya, ada empat jenis menara pertahanan. Menara tersebut memiliki elemennya masing-masing. Menara es, api, petir, dan bumi. Masing-masing juga memiliki karakteristik serangan, dan dalam tiap level permainan, menara tersebut bisa di-upgrade kemampuannya. Menempatkan menara tersebut sesuai fungsinya menjadi inti strategi game ini.

Selain menara pertahanan, juga ada menara penghubung. Menara jenis ini bisa meningkatkan kemampuan menara pertahanan. Bisa memperpanjang jangkauan, meningkatkan kekuatan, dll.

Di samping menara-menara tersebut, kita juga bisa meletakkan ranjau di jalur galian. Ranjau ini juga memiliki karakteristiknya sendiri, mirip dengan menara pertahanan. Yang perlu diperhatikan, setelah meledak, ranjau akan merusak tanah tempat ia diletakkan. Jadi ranjau tersebut tidak bisa diletakkan di tempat yang sama. Tricky!

Lalu seperti game lain, juga ada senjata bonus. Senjata yang memiliki kemampuan atau daya hancur besar. Tapi harus dibeli dengan permata yang jarang kita dapatkan. Berbeda dengan menara yang dibeli dengan emas (bisa didapat tiap membunuh musuh), atau ranjau dan menara penghubung yang menggunakan batu mulia lain (lebih banyak terdapat di bawah tanah).

Seperti yang sudah saya sebut di atas, game Digfender ini seru. Pendekatannya yang berbeda terhadap genre tower defense membawa kesegaran baru. Seperti kehadiran game Monster Castle yang juga sedikit berbeda dari game tower defense biasa.

Permainan juga semakin sulit level demi level. Variasi kesulitan ditambah dengan pengumpulan relik. Tiap level standar menyimpan peta di dalam tanah. Kalau kita dapatkan, kita bisa memainkan level yang sama untuk mendapatkan relik yang bisa memberi kemampuan tambahan jajaran pertahanan kita. Tantangan yang berbeda ini membuat Digfender enak dimainkan dalam jangka pendek (mengisi waktu luang), atau jangka panjang.

Game Digfender ini bisa didapat secara gratis. Di dalamnya terdapat iklan dan pembelian dalam aplikasi (IAP). Besarnya juga hanya 66 MB. Jadi, nggak ada salahnya mencoba.

%d blogger menyukai ini: