Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Download Video dari Youtube dengan Tube Download

Anom Penulis

Mudah diduga dari namanya, aplikasi Tube Download ini adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk mendownload video dari Youtube. Secara mendasar, aplikasi ini memang berbeda dari aplikasi Youtube unggulan seperti MetroTube dan PrimeTube yang tidak memberikan fitur download. Tapi apakah Tube Download ini hanya bisa men-download saja? Coba kita lihat.

Fitur Tube Download

  1. Download video dari Youtube ke ponsel kamu
  2. Memilih kualitas video (sesuai yang tersedia)
  3. Filter pencarian: Kesesuaian (relevance), waktu publikasi (publish), kepopuleran (views), dan rating
  4. Memilih theme
  5. Advance Search
  6. Tutorial
  7. Playlist 

Harus kami akui, aplikasi ini cukup mengejutkan. Tadinya, kami pikir aplikasi ini hanyalah aplikasi download biasa. Tapi ternyata lebih dari itu. Sebenarnya tidak mengherankan juga sih, Tube Download merupakan salah satu pemenang dari Fast Track to the Mobile App Design Challenge yang diadakan oleh Core77. Lalu apa yang bikin aplikasi ini keren?

popculture.id

Aplikasi ini memberikan banyak pilihan pada kita saat kita hendak mencari dan men-download video. Sebagai dasar pencarian, kita bisa menentukan apakah hendak mencari pilihan video berkualitas terbaik, atau yang lebih rendah. Kemudian, saat hasil pencarian kita dapat, kita bisa memberi filter (baca fitur di atas). Kita juga bisa langsung menggunakan fitur Advance Search untuk langsung menentukan batasan pencarian kita. Begitu pun saat men-download. Kita juga akan diberi pilihan format kualitas video tersebut (sesuai format yang ada). Apakah itu video 360p, 480p, 720p, dan seterusnya.

Kelebihan lain aplikasi ini terletak pada pengaturan tampilan dan fungsi gesturnya. Kita bisa memilih theme background aplikasi ini, baik dengan yang sudah disediakan atau pun gambar kita sendiri (pilih dari Picture Hub). Kalau kita memilih menggunakan gambar sendiri, kita bisa mengatur tingkat opacity gambar tersebut. Untuk gestur, aplikasi ini menggunakan tekan dan tahan (tap hold) di ikon pencarian untuk mengaktifkan Advance Search. Gestur lainnya adalah menggoyangkan ponsel untuk memunculkan application bar di bawah.

Salah satu kekurangannya mungkin adalah belum adanya pin ke start screen untuk fitur tertentu. Misalnya saja, pin salah satu video yang sudah kita download.

Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar dan bisa dibeli dengan harga Rp8.550,- atau bisa juga didapat dalam versi percobaan yang didukung iklan.

    %d blogger menyukai ini: