Fitur ‘Downvote’ Balasan Twitter Bergulir Ke Pengguna Global

Kalau cuma spam ya 'tendang' ke bawah....

Anom Penulis

Uji coba fitur ‘downvote’ di Twitter, yang awalnya hadir secara terbatas pada pengguna aplikasi di iOS, kini mulai bergulir ke pengguna global. Tapi apa sebenarnya fungsi ‘downvote’ balasan di Twitter ini?

Fitur ‘downvote’ sudah terlebih dulu populer di Reddit. Fitur ini berfungsi untuk menandai komentar atau balasan yang tidak relevan/berhubungan, tidak berguna, atau tidak etis (misalnya ada kata-kata kasar).

Twitter pada awalnya melakukan uji coba fitur serupa tahun 2021. Ketika itu fitur ‘downvote’ muncul pada pengguna aplikasi Twitter iOS tertentu. Tampilan tombol yang ada pun bisa berbeda-beda.

Pada tanggal 4 Februari 2022, Twitter mengumumkan eksperimen fitur ini secara lebih global melalui tweet dari akun @TwitterSafety. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba kamu melihat ada ikon , ketika kamu membaca balasan tweet-mu.

twitter reply downvote

Twitter menyebutkan kalau uji coba awal sudah memberi gambaran bagaimana pengguna memanfaatkan fitur ini. Oleh karena itu, mereka mecobanya secara lebih luas—baik di web, aplikasi iOS dan Android—sehingga bisa mengukur efektivitas fitut tersebut lebih baik.

Twitter juga menyatakan kalau sebagian besar alasan pengguna memakai fitur ‘downvote’ ini karena balasan yang bersangkutan dianggap menyerang atau tidak bermanfaat. Selain itu, pengguna juga memakai tombol ini untuk menandai balasan yang tidak ingin mereka lihat.

Lalu, kebanyakan pengguna Twitter yang sudah memakai fitur ini sepakat kalau ‘downvote’ mampu meningkatkan kualitas percakapan di media sosial tersebut.

Fitur moderasi publik seperti ini memang menjadi fitur unggulan di medsos. Misalnya, YouTube menghapus tampilan angka ‘dislike’ video. Lalu Facebook juga pernah menguji tombol ‘downvote’ walau pada akhirnya tidak menambahkannya sampai sekarang.

Nah, silakan perhatikan aplikasi Twitter kalian, apakah fitur ‘downvote’ ini sudah muncul di balasan tweet atau belum.

    %d blogger menyukai ini: