Uhuy.. TikTok Sekarang Dukung Durasi Video Sampai 10 Menit!

Indri Penulis

Resmi! Sekarang TikTok dukung durasi video sampai 10 menit. Ini jelas jauh lebih panjang dari durasi sebelumnya yang cuma 3 menit.

Pengguna TikTok makin dimanjain nih. Gimana nggak, semakin ke sini TikTok terus mempercantik platform-nya dengan berbagai fitur baru.

Nggak cuma itu, TikTok juga terus memperpanjang durasi video mereka. Dari awalnya cuma 15 detik, kemudian naik sedikit menjadi 60 detik, lalu bertambah 3 menit di tahun 2021.

Nah menariknya di tahun 2022 ini, TikTok kembali menambahkan opsi durasi video yang jauh lebih panjang. Nggak tanggung-tanggung, TikTok sekarang langsung menambahkan opsi durasi video sampai 10 menit.

Dalam tangkapan layar di atas, TikTok menyebutkan kalau pengguna harus menggunakan aplikasi versi terbaru untuk bisa menikmati durasi video 10 menit.

Tapi sepertinya, opsi baru ini baru diluncurkan ke beberapa pengguna (atau bisa jadi diluncurkan secara berkala). Pasalnya setelah saya meng-update aplikasi ke versi terbaru, saya belum melihat opsi durasi 10 menit. Opsi yang ada di dalam aplikasi saya masih 15 detik, 60 detik dan 3 menit.

Sementara itu, TikTok memang nggak mengumumkan opsi baru ini di blog resmi mereka. TikTok cuma menyebarkan info ini ke aplikasi pengguna, dan info tersebut dikonfirmasi oleh @stokel di Twitter dengan pernyataan seperti ini:

“Hari ini, kami sangat bersemangat untuk mulai meluncurkan kemampuan untuk meng-upload berdurasi hingga 10 menit, yang kami harapkan bisa membuka lebih banyak kemungkinan kreatif bagi kreator.”

Di sisi lain, mungkin beberapa pengguna akan menganggap perubahan ini sebagai ‘langkah yang aneh.’ Pasalnya konsep asli TikTok adalah platform untuk mengunggah video pendek.

Tapi sebenarnya, bisa dimaklumi juga alasan TikTok ingin memperluas batasannya. Selain basis penggunanya yang bertambah besar, TikTok kini juga bisa lebih bersaing dengan YouTube karena batasan durasi videonya tambah lama.

Kalau kamu sendiri, suka sama perubahan ini atau nggak? Kalau saya sih jujur lebih suka durasi video pendek. Selain menjadi ciri khas TikTok, durasi yang lebih pendek juga membuat video lebih ‘ringkas dan cepat selesai’ pas ditonton. Hahaha, gimana pun juga, itu cuma pendapat pribadi saya sih.

    %d blogger menyukai ini: